Kemarau di Ibu Kota

Dinas SDA DKI Bakal Gandeng PDAM Hadapi Ancaman Kekeringan di Jakarta

Dinas SDA DKI Bakal Gandeng PDAM Hadapi Ancaman Kekeringan di Ibu Kota. Sejumlah Warga Terpaksa Mandi Pakai Air Galon

Dinas SDA DKI Bakal Gandeng PDAM Hadapi Ancaman Kekeringan di Jakarta
Wartakotalive.com/Angga Bhagya Nugraha
Eskavator sedang mengeruk lumpur yang tampak sebagian mengering akibat kemarau di Waduk Pluit, Jakarta Utara, Selasa (11/6/2019). 

Wartakotalive.com - Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta berencana akan menggandeng Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di wilayah setempat untuk menanggulangi ancaman kekeringan di Ibu Kota.

Namun koordinasi itu dilakukan bila selama 2-3 bulan ini, DKI tidak mengalami hujan dan fenomena kekeringan meluas.

“Mungkin kami kepada PDAM akan minta dibuatkan depo air bersih untuk kawasan kritis seperti di pesisir Jakarta. Bantuan itu sangat diperlukan,” kata Kepala Dinas SDA DKI Jakarta Juaini pada Kamis (22/8/2019).

Juani mennjelaskan, pembuatan depo air yang dimaksud seperti penyediaan mobil tangki untuk mendistribusikan air bersih kepada warga yang sangat membutuhkan.

Bantuan air ini dikhususkan bagi masyarakat yang belum terkoneksi air perpipaan sehingga mengandalkan air tanah untuk kebutuhan sehari-hari.

“Seperti di wilayah pesisir kayak di Cilincing dan Marunda, Jakarta Utara. Warga di sana memang sering beli air untuk kebutuhan sehari-harinya,” ujarnya.

Hingga kini, Juani belum mendapat informasi mengenai kemungkinan adanya gangguan pasokan air bagi PDAM Palyja maupun Aetra.

“Debit air di Bendungan Jatiluhur mungkin memang berkurang, tapi kami belum konfirmasi kepada mereka mengenai gangguan itu. Mungkin bisa dicek ke perusahaan terkait,” imbuhnya. 

Tingkatkan Kemampuan Menembak Polwan, Korps Brimob Polri Gelar Kejuaraan Menembak

MANDI PAKAI AIR GALON

Tidak adanya pasokan air bersih dari PT Palyja di musim kemarau yang panjang memaksa warga untuk berjibaku melawan keadaan.

Halaman
1234
Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Mirmo Saptono
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved