Fintech

Asosiasi Fintech Akan Bikin Kode Etik Bersama

Dalam ajang lndonesia Fintech Summit & Expo (IFSE) 2019, tiga asosiasi fintech akan meluncurkan joint code of conduct atau kode etik bersama.

Asosiasi Fintech Akan Bikin Kode Etik Bersama
adobe.com
Ilustrasi. 

Akan memberikan panduan umum yang disepakati oleh seluruh pelaku industri fintech terkait prinsip-prinsip dasar pelaksanaan bisnis yang bertanggung jawab.

Joint code of conduct ini nantinya lebih ke harmonisasi dari code of conduct yang sudah dimiliki oleh masing-masing asosiasi. 

WARTA KOTA, PALMERAH--- Dalam ajang lndonesia Fintech Summit & Expo (IFSE) 2019, tiga asosiasi fintech akan meluncurkan joint code of conduct atau kode etik bersama.

lndonesia Fintech Summit & Expo (IFSE) 2019 akan digelar pada 23-24 September 2019.

Ketiga asosiasi ini adalah Asosiasi FinTech Indonesia (AFTECH), Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI), dan Asosiasi Fintech Syariah lndonesia (AFSI).

Meningkatkan Inklusi Keuangan di Indonesia, Perusahaan Fintech Gelar Expo

Ketua Umum AFTECH, Niki Luhur, mengatakan, joint code of conduct bersama ketiga asosiasi merupakan upaya untuk melakukan standadrisasi.

Selain itu juga akan memberikan panduan umum yang disepakati oleh seluruh pelaku industri fintech terkait prinsip-prinsip dasar pelaksanaan bisnis yang bertanggung jawab.

Niki mengatakan, joint code of conduct ini akan membahas pengaturan minimal terkait kewajiban penyelenggara fintech dalam memastikan perlindungan konsumen, perlindungan dan privasi data pribadi, mitigasi risiko siber, mekanisme minimal penanganan aduan konsumen dan topik penting lainnya.

Penyaluran KUR dan Bansos, Pemerintah Akan Kerjasama dengan Fintech

“Bila ada yang melanggar prinsip-prinsip seperti ini kami perlu membangun standar operasional prosedur (SOP) bagaimana kami bisa berkoordinasi dengan satuan tugas terkait. Serta tindak lanjut investigasi dan audit bakal seperti apa. Mudah-mudahan ini akan konsisten antara asosiasi dan regulator,” kata Niki, Kamis (22/8/2019).

Kendati demikian, Ketua Umum AFPI, Adrian Gunadi, mengatakan, joint code of conduct ini nantinya lebih ke harmonisasi dari code of conduct yang sudah dimiliki oleh masing-masing asosiasi.

Halaman
12
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved