Berita Video

VIDEO: Kemenaker Buka Seleknas Kompetisi Keterampilan Tingkat ASEAN 2019 di BBPLK Bekasi

"Berdasarkan pengalaman Indonesia dalam kejuaraan ASC selalu masuk juara, baik itu juara umum (pertama) maupun kedua.

VIDEO: Kemenaker Buka Seleknas Kompetisi Keterampilan Tingkat ASEAN 2019 di BBPLK Bekasi
Warta Kota
Kemenaker Buka Seleknas Kompetisi Keterampilan Tingkat ASEAN 2019 di BBPLK Bekasi, Selasa (20/8/2019). 

Kementerian Ketenagakerjaan melalui Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas menggelar Seleksi Nasional (Seleknas) Calon Kompetitor ASEAN Skills Competition (ASC) atau Kompetisi Keterampilan Tingkat ASEAN ke– XIII Tahun 2019.

Acara ini secara resmi dibuka oleh Staf Ahli Menteri Bidang Kerjasama International Kementerian Ketenagakerjaan, Suhartono di BBPLK Bekasi, pada Selasa (20/8/2019).

Seleknas Calon Kompetitor ASC ini dilaksanakan pada 20 sampai 22 Agustus 2019 yang diselenggarakan di 10 lokasi antara lain BBPLK Bekasi, BBPLK Bandung, BBPLK Semarang, BBPLK Serang, Hotel Horison Ultima Bekasi, Puspita Martha Beauty International School Jakarta, Universitas Bina Nusantara Jakarta, Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Jakarta, dan Akademi dan Komunitas Toyota Indonesia (AKTI) Karawang, serta SMKN 1 Batam.

Suhartono menjelaskan Seleknas ini diikuti oleh 300 orang yang terdiri dari para juara Seleksi Daerah (Selekda) dari berbagai provinsi di Indonesia yang berhasil melampaui passing grade, Juara Lomba Ketrampilan Siswa (LKS) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan perwakilan dari industri.

Adapun seleksi nasional ini meliputi 20 kejuruan yakni mechatronics, electronics, mobile robotics, refrigeration and air conditioning, industrial automation, restaurant service, cooking, hairdressing, beauty therapy, mechanical engineering CAD, IT software solutions for business.

Kemudian web technologies, IT network systems administration, graphic design technology, welding, electrical installations, Internet of Things (IOT), fashion technology, automobile technology, dan CNC maintenance.

"Dari 300 peserta Seleknas itu ada terpilih akan terpilih tiga peserta individu dan dua tim terbaik dari tiap kejuruannya," ujar Suhartono kepada awak media, Selasa (20/8/2019).

Suhartono menuturkan selanjutnya akan diikutsertakan pada pemusatan latihan (Training Centre) di lembaga pendidikan dan pelatihan yang telah ditetapkan.

"Berdasarkan pengalaman Indonesia dalam kejuaraan ASC selalu masuk juara, baik itu juara umum (pertama) maupun kedua. Jadi terbukti Indonesia memiliki kualias yang baik tak kalah dengan Internasional," ungkap dia.

Untuk itu, prestasi Indonesia dalam ASC merupakan suatu hal yang harus diperjuangkan.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved