Breaking News:

Daftar Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta Terbaik di Jawa Barat Versi Terbaru Kemenristekdikti

Berikut daftar perguruan tinggi negeri dan swasta terbaik di Jawa Barat versi Kemenristekdikti yang dikeluarkan akhir pekan lalu.

dok Mahitala Unpar
Fransisca Dimitri Inkiriwang (24) dan Mathilda Dwi Lestari (24) dari Mahitala Unpar mengibarkan Merah Putih di puncak gunung tertinggi di dunia, Mt Everest (8.848m), Kamis (17/5/2018), pukul 07.05 WIB. Keduanya menorehkan sejarah sebagai perempuan Indonesia pertama yang mendaki Tujuh Puncak Dunia (The Seven Summits). 

Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi ( Kemenristekdikti) telah mengumumkan klasterisasi perguruan tinggi Indonesia tahun 2019 pada akhir pekan lalu di Gedung D Kemenristekdikti, Senayan, Jakarta.

Berdasarkan pengumuman tersebut ada sejumlah perguruan tinggi negeri dan swasta di Jawa Barat yang masuk dalam daftar teratas klasterisasi  tersebut.

“Tujuan kami ingin mendorong perguruan tinggi Indonesia semakin maju dan masuk ke kelas dunia. Dorongan ini menjadi sangat penting. Kalau kita sudah sampaikan ini, kita bisa lakukan pemetaan," ungkap Menteri Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi ( Menristekdikti) Mohamad Nasir yang mengumumkan Klasterisasi Perguruan Tinggi Indonesia 2019.

Daftar Lengkap 100 Perguruan Tinggi Non-Vokasi Terbaik di Indonesia Tahun 2019, Juara ITB

Menteri Nasir menyampaikan tujuan pemetaan perguruan tinggi Kemenristekdikti agar nantinya dapat membuat kebijakan yang ada di masing-masing perguruan tinggi untuk mewujudkan perguruan tinggi berkualitas. 

Pada tahun ini, Kemenristekdikti mengeluarkan hasil klasterisasi perguruan tinggi dalam dua (2) kategori yaitu kategori Perguruan Tinggi Non-Vokasi (pendidikan akademik), yang terdiri dari Universitas, Institut, dan Sekolah Tinggi, dan kategori Perguruan Tinggi Vokasi, yang terdiri dari Politeknik dan Akademi.

Acara Klasterisasi Perguruan Tinggi Indonesia Tahun 2019 di Auditorium Gedung D, Kemenristekdikti, Jakarta, Jumat (16/8/2019).
Acara Klasterisasi Perguruan Tinggi Indonesia Tahun 2019 di Auditorium Gedung D, Kemenristekdikti, Jakarta, Jumat (16/8/2019). (Warta Kota/Rangga Baskoro)

Perguruan Tinggi Non-Vokasi dengan jumlah sebanyak 2.141 perguruan tinggi di bawah Kemenristekdikti diperoleh 5 (lima) klaster perguruan tinggi Indonesia dengan komposisi: Klaster 1 berjumlah 13 perguruan tinggi Klaster 2 berjumlah 70 perguruan tinggi Klaster 3 berjumlah 338 perguruan tinggi Klaster 4 berjumlah 955 perguruan tinggi Klaster 5 berjumlah 765 perguruan tinggi.

“Dengan perubahan penilaian kinerja perguruan tinggi dari tahun-tahun sebelumnya, diharapkan perguruan tinggi didorong untuk lebih menekankan produk atau luaran pendidikan tinggi yang berkualitas yaitu dengan pemberian bobot output yang lebih besar dari bobot input,” ungkap Dirjen Kelembagaan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Patdono Suwignjo.

Berdasarkan hasil pemeringkatan dan klasterisasi Kemenristekdikti, berikut 15 PTN (perguruan tinggi negeri) dan PTS (perguruan negeri swasta) terbaik di Provinsi Jawa Barat:

1. Institut Teknologi Bandung: ( peringkat 1 nasional/klaster 1)

2. Institut Pertanian Bogor: (peringkat 3 nasional/klaster 1)

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved