Berita Video

VIDEO: Melihat Pasukan Oranye Lomba Dayung di KBT Dalam Rangka HUT RI ke 74

Selama mendayung di lintasan yang panjangnya sekitar 70 meter, tak jarang perahu masing-masing tim tabrakan

VIDEO: Melihat Pasukan Oranye Lomba Dayung di KBT Dalam Rangka HUT RI ke 74
Kompas.com
Pasukan Oranye Lomba Balap Dayung di BKT 

Peringatan hari kemerdekaan ke-74 RI dirayakan oleh meriah oleh berbagai kalangan.

Tak terkecuali oleh pasukan oranye yang tergabung dalam UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta. Sabtu (17/8/2019), pasukan oranye yang saban hari bertugas di Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur menggelar aneka lomba di Kanal Banjir Timur.

Dari serangkaian acara, salah satu lomba yang paling heboh ialah balap dayung. Peserta lomba dikhususkan bagi para pasukan oranye karena dianggap berbahaya. Mereka pun mengenakan rompi pelampung sampai helem.

"Ada 13 tim kalau dari UPK Badan Air. Kebetulan acara ini kan dari kami, oleh kami, dan untuk kami, walaupun beberapa lomba juga dibuka buat umum. Tiga belas tim itu dibagi berdasarkan titik kerja, termasuk ada teman-teman dari sopir, dari bagian sarana dan prasarana," ucap Efron Sidjabat, pasukan oranye yang siang ini berperan sebagai panitia acara kepada Kompas.com.

Masing-masing tim pasukan oranye berjumlah 4 personel. Dengan sekop ukuran besar yang disulap jadi dayung, mereka mengayuh perahu palka yang tiap hari digunakan "ngantor" sebagai armada menyusuri aliran sungai.

VIDEO: Serunya Lomba Panjat Pinang dan Tangkap Bebek di KBT Jakarta Timur

Selama mendayung di lintasan yang panjangnya sekitar 70 meter, tak jarang perahu masing-masing tim tabrakan

Kadang, pasukan oranye yang mendayung tercebur ke aliran KBT dan memancing tawa dari para penonton yang memadati bantaran KBT.

"Hadiahnya ada televisi, ada sepeda, ada uang tunai juga," ujar Efron.

VIDEO: Spot Budaya 2 Dukuh Atas Dilengkapi Penutup Kaca Berisi Pipa Utilitas

Di babak final, pasukan Kali Jatikramat memenangi lomba. Mereka berhak atas satu unit sepeda gunung yang langsung mereka angkat beramai-ramai. Beberapa pasukan lain mengocok botol berisi minuman soda, lantas menyemprotkannya pada pemenang, seperti seremonial kemenangan pebalap Moto GP.

Selain balap dayung, di BKT juga dihelat lomba-lomba seru lain, mulai dari pukul guling, tangkap bebek, sampai panjat pinang. Semuanya diadakan di aliran air yang membuat acara tampak semarak.

Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved