HUT RI

BKD DKI Sebut ASN Wajib Hadir Upacara HUT Kemerdekaan

Bagi pegawai yang bolos alias tidak hadir tanpa keterangan bakal diberikan sanksi.

BKD DKI Sebut ASN Wajib Hadir Upacara HUT Kemerdekaan
Warta Kota/Henry Lopulalan
Foto arsip: PNS mengikuti apel pagi. 

GAMBIR, WARTAKOTALIVE.COM -- Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta menyatakan aparatur sipil negara (ASN) di wilayah setempat wajib menghadiri upacara HUT Kemerdekaan RI ke-74 di Pulau J hasil reklamasi pada Sabtu (17/8/2019).

Bagi pegawai yang bolos alias tidak hadir tanpa keterangan bakal diberikan sanksi.

“Bagi yang tidak hadir besok, nantinya di hari Senin (19/8/2019) akan dipanggil untuk diminta alasannya dan diberi teguran,” kata Kepala BKD DKI Jakarta Khaidir saat dihubungi pada Jumat (16/8/2019).

Menurut Khaidir, pelaksanaan upacara HUT merupakan kewajiban bagi ASN karena telah diatur dalam PP Nomor 53 tahun 2010 tentang Disiplin PNS.

Kata dia, ASN tidak hanya memiliki tugas untuk melayani masyarakat, namun upacara nasional merupakan salah satu bagian dari tugasnya.

“Upacara ini juga bagian dari tugas, sehingga mereka wajib melaksanakan tugas yang diberikan negara kepadanya,” ujar Khaidir.

Kata dia, bagi pegawai yang berencana tidak hadir karena ada urusan penting yang tidak bisa ditinggalkan, diminta untuk membuat surat izin yang dibubuhi tanda tangan.

Tapi sebaiknya mereka melapor dulu ke bagian kepegawaian di masing-masing Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD).

“Cara melapornya bisa lewat aplikasi percakapan WhatsApp, telepon, bahkan e-mail. Sekarang jamannya sudah modern atau era digital, sehingga teknologi harus dimanfaatkan,” imbuhnya.

Hal yang sama juga berlaku bagi pegawai yang sakit saat pelaksanaan upacara.

Halaman
12
Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved