Halida Hatta Ceritakan Kesederhanaan Sang Ibu Usai Kepergian Mohammad Hatta

Halida Nuriya Hatta menilai pentingnya menerapkan pola kesederhaan untuk membentuk karakter anak pada era yang semakin terbuka saat ini.

Halida Hatta Ceritakan Kesederhanaan Sang Ibu Usai Kepergian Mohammad Hatta
Cetak layar Facebook Gustika Jusuf Hatta
Gustika Jusuf Hatta, cucu Mohammad Hatta dan ibunya, Halida Hatta 

Halida Nuriya Hatta menilai pentingnya menerapkan pola kesederhaan untuk membentuk karakter anak pada era yang semakin terbuka saat ini.

Ia menyaksikan, betapa banyak anak, remaja hingga jelang dewasa yang sekarang hidup dalam sikap hedonisme dan ingin dimanja oleh orang tua mereka dengan meminta barang-barang untuk memenuhi gaya hidup.

"Menerapkan kesederhaan untuk generasi sekarang sangat penting. Di dalam nilai keluarga harus diterapkan dan diteladani. Sebab, sekarang kan anak sudah minta ini itu, cuma sekedar buat gaya hidupnya," ujar Halida Hatta di Galeri Nasional Indonesia, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (13/8/2019).

Ia ingat dengan pola didik kedua orang tuanya, yang menerapkan kesederhanaan sejak ia masih kecil.

Padahal, saat itu ayahnya merupakan orang penting di negara ini.

Oknum Anggota Polri Jadikan Gadis 19 Tahun Budak Nafsunya Seorang Pelatih Silat, Kerapkali Mengancam

Pengakuan Gadis 19 Tahun Jadi Budak Nafsu Oknum Polisi Selama 4 Tahun, Begini Awal Perkenalannya

Dikira Mainan, Bocah 4 Tahun Bawa Pulang Bom dan Meladak Saat Ditunjukkan ke Keluarganya di Rumah

"Bahkan sampai ayah saya meninggal, ibu saya (Rachmi Rachim) masih menunjukkan sikap kesederhanaannya. Saat ini ada yang menyuruh ibu mengusulkan untuk dapat hak ayah saya dari negara. Tunjangan apa gitu, saya lupa. Tapi ibu menolak," kisahnya.

"Ibu bilang, nggak usah (ngajuin), kita hidup begini saja sudah cukup. Beliau saat itu mengajak anak-anaknya hidup sederhana saja," lanjut putri bungsu wakil presiden pertama Indonesia itu.

Saat itu, imbuh Halida, sang ibu berpesan bahwa lebih penting menjaga jatidiri meskipun hidup dalam lingkungan keluarga yang sederhana, berbeda dengan kalangan pejabat pada umumnya.

"Itulah yang paling penting jaga jatidiri kita meskipun kita terlalu biasa. Ibu mengajak kita percaya, soal rejeki, tuhan pasti kasih. Burung yang terbang ke sana-sini saja bisa dapat makanan. Berarti rejeki itu sudah diatur," ungkapnya

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved