Berita Video

VIDEO: Tidak Takut Mati Lampu, SMP Negeri 1 Punya Panel Surya

"Panel surya ini mengubah energi matahari yang ada jadi energi listrik di SMP Negeri 1," ungkap Hermansyah, Jumat (9/8).

VIDEO: Tidak Takut Mati Lampu, SMP Negeri 1 Punya Panel Surya
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) atau teknologi panel surya dipasang di salah satu gedung di SMP Negeri 1, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (9/8/2019). 

SMP Negeri 1 Cikini, Menteng, Jakarta Pusat dilengkapi dengan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) atau teknologi panel surya. Alat itu mampu mengubah energi matahari menjadi energi listrik.

Wakil Bidang Sarpras SMP Negeri 1 Hermansyah mengatakan panel surya tersebut sejauh ini bekerja dengan sangat baik untuk mengubah energi matahari menjadi energi listrik.

"Panel surya ini mengubah energi matahari yang ada jadi energi listrik di SMP Negeri 1," ungkap Hermansyah, Jumat (9/8).

Panel surya yang ditempatkan di atap gedung baru sayap kiri SMP Negeri 1 tersebut selanjutnya mengalirkan energi matahari yang diserap panel ke dalam baterai yang diletakkan di bawah tangga gedung baru.

"Urutannya energi matahari tersebut diserap panel, nanti setelah dari panel dialirkan ke batere yang totalnya ada 50 batere," ungkapnya.

Setelah dari baterai, energi matahari tersebut lalu dialirkan ke sebuah alat dimana terlihat seberapa besar energi yang diperoleh. Baru lah energi itu diberdayakan untuk mengaliri listrik di SMP Negeri 1.

"Dengan alat itu bisa menyumbang energi listrik untuk penerangan di ruangan yang ada di sekolah bersama PLN," ungkap Hermansyah.

Adapun panel surya atau PLTS yang dipasang di atap gedung baru itu sudah dibangun sejak tahun 2013 silam yang berbarengan dengan pembangunan gedung baru tersebut.

Sekadar informasi Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Ratiyono mengatakan sejumlah gedung sekolah di Jakarta sudah dipasang panel surya. Salah satunya di SMP Negeri 1, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat.

"Kalau 100 (sekolah), ada (yang sudah dipasangi panel surya). Ke SMP 1 saja lihat," ujar Ratiyono, Selasa (6/8). (jhs)

Halaman
1234
Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved