Berita Video

VIDEO: Kawasan Pintu Utama TM Ragunan, Area Tujuan Wisata yang Tidak Memiliki Trotoar

Pantauan Warta Kota pada Senin (8/7), jalur pedestrian dari arah TB Simatupang menuju arah gerbang TMR terputus sekitar 200 meter.

VIDEO: Kawasan Pintu Utama TM Ragunan, Area Tujuan Wisata yang Tidak Memiliki Trotoar
Warta Kota/Feryanto Hadi
Taman Margasatwa Ragunan masih menjadi destinasi wisata favorit bagi masyarakat dalam mengisi hari libur Tahun Baru 2019, Selasa (1/1/2019). 

Taman Marga Satwa Ragunan (TMR) menjadi lokasi wisata favorit bagi warga DKI Jakarta dan sekitarnya. Setiap pekan, kawasan itu dikunjungi ribuan hingga puluhan ribu orang. Apalagi saat momentum tertentu, jumlah pengunjung bisa berlipat ganda.

Dampak akibat banyaknya kendaraan pengunjung menyebabkan kepadatan lalulintas di kawasan itu, bahkan kemacetan sering tak terelakkan.

Penyebabnya adalah antrean kendaraan pengunjung yang hendak masuk ke kawasan parkir TMR. Ditambah lagi para pengunjung lainnya yang berjalan di area jalan, lantaran tidak adanya akses trotoar.

Seperti yang terjadi pada Minggu (7/7), dimana lalulintas menuju arah Ragunan stuck. Kemacetan bahkan mengular sampai kawasan Jalan TB Simatupang dan banyak orang menggutarakan kekesalan atas kemacetan itu di sosial media.

Pantauan Warta Kota pada Senin (8/7), jalur pedestrian dari arah TB Simatupang menuju arah gerbang TMR terputus sekitar 200 meter.

Di sisi timur, pagar milik Badan Diklat Kejaksaan RI hampir rapat dengan ruas jalan, hanya terpisah oleh sedikit saluran air. Sementara, di sisi baratnya nyaris tak ada ruang untuk pejalan kaki karena tertutup oleh tempat usaha.

Sementara itu, di depan pagar TMR mengarah ke barat atau di depan Kantor Kelurahan Ragunan, juga tak tersisa ruang bagi pejalan kaki.

Di sana para pejalan kaki banyak yang melintas di jalan raya.

Warga Jakarta, Delvi (32) menyebut, masalah trotoar di kawasan TMR seolah luput dari perhatian Pemprov DKI Jakarta dalam hal ini Dinas Bina Marga. Ia yang sering berkunjung ke kawasan itu mengaku miris, padahal semestinya penataan dilakukan dengan serius mengingat TMR menjadi salah satu icon wisata yang juga dikunjungi oleh rombongan dari luar daerah bahkan wisatawan mancanegara.

"Kawasan depan Ragunan terlihat semrawut kalau pas ramai pengunjung. Orang-orang berjalan bercampur kendaraan karena memang akses pedestrian buruk sekali. Belum lagi ditambah pemandangan pedagang yang menurut saya kurang ditata dengan baik," ujar Delvi warga Duren Tiga, Jakarta Selatan, Senin (8/7/2019).

VIDEO: Menteri Luar Negeri Retno Marsudi Serahkan Jenazah Sutopo ke Keluarga

VIDEO: Konjen Ghuangzou Ceritakan Hari-hari Terakhir Sutopo

VIDEO: Jenazah Sutopo Purwo Nugroho Tiba di Bandara Soekarno Hatta

Halaman
12
Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved