Fadli Zon dan Sufmi Dasco Jadi Penjamin Penangguhan Penahanan Eggi Sudjana yang Kena Wajib Lapor

Penjamin penangguhan penahanan Eggi Sudjana adalah dua orang petinggi Partai Gerindra yakni Fadli Zon dan Sufmi Dasco Ahmad.

Penulis: Budi Sam Law Malau | Editor: Gede Moenanto
Twitter Fadli Zon
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon 

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono membenarkan pihaknya mengabulkan penangguhan penahanan terhadap tersangka makar Eggi Sudjana.

Kepada Eggi Sudjana, kata Argo, pihaknya mengenakan wajib lapor pada hari Senin dan Kamis, setiap minggu.

"Yang bersangkutan dikenakan wajib lapor, Senin dan Kamis," kata Argo, Senin (24/6/2019) malam.

Terkait dikabulkannya penangguhan penahanan Eggi Sudjana, Argo menjelaskan, memang ada surat pengajuan penangguhan penahanan, baik itu dari keluarga dan dari Sufmi Dasco yang masuk ke penyidik.

Setelah penyidik menerima surat itu, untuk tersangka Eggi Sudjana kata Argo penyidik melakukan evaluasi atas pengajuan tersebut.

"Setelah diilihat dan dievaluasi kemudian pada hari ini Senib 24 Juni, pengajuan pemangguhan penahanan oleh penjamin pak Dasco itu dikabulkan oleh penyidik," kata Argo.

"Jadi untuk malam ini tersangka Eggi Sudjana bisa kembali ke rumah. Nanti akan diantar pengacaranya," kata Argo.

Sebelumnya Kuasa Hukum tersangka kasus dugaan makar Eggi Sudjana, Hendarsam menyebutkan bahwa permohonan penangguhan penahanan kliennya yang diajukan Selasa (4/6/2019) lalu, sudah dikabulkan penyidik Polda Metro Jaya, Senin (24/6/2019) hari ini.

Karenanya kata Hendarsam, Senin malam ini, Eggi Sudjana sudah akan diperbolehkan meninggalkan tahanan Mapolda Metro Jaya.

"Malam ini sekitar selesai magrib, Pak Eggi sudah diperbolehkan meninggalkan tahanan," kata Hendarsam kepada Warta Kota, Senin (24/6/2019).

Sebelumnya Hendarsam memastikan bahwa penangguhan penahanan Eggi Sudjana akhirnya dikabulkan penyidik.

"Ya benar, sudah dikabulkan permohonan penangguhan penahahanan Pak Eggi Sudjana," kata Hendarsam saat dikonfirmasi Warta Kota, Senin (24/6/2019).

Menurut Hendarsam, saat ini, proses pelaksanaan penangguhan Eggi Sudjana secara administrasi sedang diurus pihaknya agar Eggi bisa benar-benar bisa keluar dari tahanan malam ini.

Permohonan penangguhan penahanan Eggi Sudjana itu, kata Hendarsam diajukan ke penyidik, Selasa (4/6/2019) lalu.

Dalam permohonan, tim kuasa hukum menyatakan bahwa selain keluarga, pihak penjamin untuk penangguhan penahanan Eggi Sudjana adalah dua orang petinggi Partai Gerindra yakni Wakil Ketua DPR Fadli Zon dan Anggota Komisi III DPR, Sufmi Dasco Ahmad.

Seperti diketahui Eggi Sudjana resmi ditahan polisi 14 Mei 2019 lalu selama 20 hari ke depan. Sehingga masa penahanannya habis pada 2 Juni lalu.

Selanjutnya, penyidik memutuskan memperpanjang masa penahanan Eggi selama 40 hari ke depan, sejak tanggal 3 Juni.

Eggi Sudjana ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan makar dan atau menyiarkan suatu berita yang dapat menimbulkan keonaran, sesuai Pasal 107 KUHP dan atau Pasal 110 KUHP Juncto Pasal 87 KUHP dan atau Pasal 14 Ayat 1 dan Ayat 2 dan atau Pasal 15 Undang-undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang peraturan hukum pidana.

Sumber: Warta Kota
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved