Pasar Modal

Jelang Libur Lebaran, Berikut Penjelasan Analis Saham untuk IHSG Hari Ini

Banyak investor yang menjual sahamnya pada hari Selasa (28/5/2019) supaya tidak terkena bunga margin yang besar karena terpotong libur Lebaran.

Investor memilih menjual sahamnya pada hari ini agar mendapat uang margin pada Jumat demi menghindari bunga fasilitas margin trading yang besar.

Kemarin, asing tercatat melakukan aksi beli Rp 9,9 triliun dan aksi jual 10,2 triliun.

WARTA KOTA, PALMERAH--- Pada perdagangan Selasa (28/5/2019), Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG melemah 1,08 persen ke level terendahnya di 6.033,14.

IHSG Bursa Efek Indonesia pada perdagangan hari Selasa dibuka dengan 6.101,84 dan sempat mencapai level tertingginya di 6.118,96 pada sesi I.

Analis Jasa Utama Capital Sekuritas, Chris Apriliony, mengatakan, pelemahan IHSG pada hari Selasa disebabkan adanya aksi jual pelaku pasar.

Kini Mencairkan Dana Reksadana Pasar Uang Bisa di Hari yang Sama

Bunga KPR, Bank Mana yang Beri Bunga Murah?

Menurut dia, banyak investor yang menjual sahamnya pada hari Selasa supaya tidak terkena bunga margin yang besar karena terpotong libur Lebaran.

Alasannya, hari perdagangan bursa saham sebelum libur lebaran hanya tersisa dua hari, yaitu Rabu (29/5/2019) dan Jumat (31/5/2019).

Seperti diketahui, pengembalian margin saham dilakukan dalam jangka waktu T+2.

Jika iPhone Diblokir China, Bagaimana Nasib Penjualan Apple di China?

Huawei Masuk Daftar Hitam, Harga Ponsel Huawei Seken Langsung Anjlok

Oleh karena itu, investor memilih menjual sahamnya pada hari ini agar mendapat uang margin pada Jumat demi menghindari bunga fasilitas margin trading yang besar.

“Kalau baru dijual Rabu (29/5/2019), T+1-nya jatuh pada Jumat dan T+2 itu pada Senin (10/6) sehingga bunga margin tetap dihitung sepanjang libur,” kata Chris saat dihubungi Kontan.co.id, Selasa (28/5/2019).

Sedangkan analis Indo Premier Sekuritas, Mino, mengatakan, penurunan IHSG kemarin disebabkan adanya aksi profit taking investor.

Halaman
12
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved