Pemilu 2019

Lulung dan Eko Patrio Lolos ke Senayan dari Dapil DKI Jakarta

Sejumlah caleg terkenal dari Dapil DKI Jakarta dinyatakan lolos ke Senayan. Di antaranya adalah Abraham Lunggana (Haji Lulung) dan Eko Patrio

Lulung dan Eko Patrio Lolos ke Senayan dari Dapil DKI Jakarta
Kompas.com/Fitria Chusna Farisa
Rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan dan perolehan suara tingkat nasional dalam negeri dan penetapan hasil pemilu 2019 di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat. 

Sejumlah nama tokoh, politisi, dan figur publik yang mencalonkan diri sebagai anggota legislatif (caleg) dari Daerah Pemilihan DKI Jakarta dinyatakan lolos ke Senayan.

Di antaranya adalah Putra Nababan, Mardani Ali Sera, Abraham Lunggana (Haji Lulung) dan Eko Hendro Purnomo (Eko Patrio).

Penetapan rekapitulasi hasil penghitungan dan perolehan suara untuk Daerah Pemilihan (Dapil) DKI Jakarta I dan III dilakukan melalui rapat pleno yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU), Sabtu (18/5), di Gedung KPU, Jakarta Pusat.

Dapil I yang meliputi wilayah Jakarta Timur memperebutkan 6 kursi, sedangkan Dapil III meliputi Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, dan Jakarta Barat, memperebutkan 8 kursi.

Sedangkan untuk Dapil II yang meliputi Jakarta Pusat, Jakarta Selatan dan Luar Negeri, belum disahkan oleh KPU karena masih menunggu hasil pemungutan suara ulang (PSU) di Malaysia. Dapil II memperebutkan 7 kursi.

Ketua KPU DKI: Rekapitulasi Suara Tetap Sah Walau Tidak Ditandatangani Saksi

Dari Dapil DKI Jakarta I, Partai PDI Perjuangan (PDIP) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) meloloskan masing-masing dua caleg.

Caleg PDIP yang lolos adalah Putra Nababan yang memperoleh 101.769 suara dan Sondang Tiar Debora Tampubolon dengan 36.185 suara.

Sedangkan dari PKS adalah Mardani Ali Sera dengan 155.285 suara dan Anis B Yarwati dengan 39.935 suara.

Adapun dua caleg lainnya yang lolos yakni Habiburokhman (Gerindra) meraih suara 76.028 dan Eko Hendro Purnomo (PAN) dengan 104.506 suara.

BPN Diminta Buktikan Kecurangan Pemilu, Jika Tidak Ada Bukti? Din Syamsuddin: Tuduhan Itu Fitnah

Di Dapil II, PDIP meloloskan tiga caleg. Mereka adalah Darmadi Durianto (105.243 suara), Charles Honoris (102.408 suara), dan Effendi Muara Sakti Simbolon (61.595 suara).

Halaman
12
Editor: Yupratomo DP
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved