Bambang Pamungkas Isyaratkan Pensiun?

Tanda-tanda itu ia tunjukkan saat membela Macan Kemayoran dalam laga Grup G Piala AFC 2019 kontra Ceres Negros.

Bambang Pamungkas Isyaratkan Pensiun?
bola.net
Bambang Pamungkas 

IKON Persija Jakarta, Bambang Pamungkas, memberi isyarat akan pensiun dari sepak bola.

Tanda-tanda itu ia tunjukkan saat membela Macan Kemayoran dalam laga Grup G Piala AFC 2019 kontra Ceres Negros di Stadion Panaad, Bacolod City (Filipina), Rabu (3/4/2019).

Dalam laga itu, tidak seperti bisanya, Bepe panggilan akrabnya, turun sejak menit pertama. Biasanya, dia masuk pada menit-menit akhir sebagai pemain pegganti.

Jika jeli, ada yang lain dari penampilan eks striker Timnas Indonesia ini. Bukan dari potongan rambut yang berbeda atau kumis yang dicukur, tapi dari nameset jersey yang berubah menjadi, 'B. Pamungkas'.

Sebelumnya, pemain yang akrab disapa Bepe itu selalu memakai nameset 'Bambang. P' di jersey Persija lengkap dengan nomor 20 ciri khasnya.

Lalu, mengapa nameset Pamungkas dihubungkan dengan isyarat pensiun?

Pemain berusia 38 tahun itu pernah menulis pernyataan di blog pribadinya, Bambangpamungkas20.com bahwa nama Pamungkas berarti terakhir.

Hal ini sudah dilakukan Bepe sebelumnya, saat dia memutuskan pensiun dari Timnas Indonesia pada gelaran Piala AFF 2012.

"Bagi mereka yang memperhatikan penampilan saya di perhelatan Piala AFF 2012, sejatinya ada hal yang tidak biasa tersaji di sana. Ketika itu pada detik-detik terakhir, saya memutuskan untuk menggunakan nama “PAMUNGKAS” daripada “BAMBANG” seperti yang biasa saya kenakan di jersey Tim Nasional saya," tulis Bepe dalam blog-nya yang berjudul, 'Saya adalah Generasi yang Gagal'.

Peluang Liverpool di Kandang Souhtampton

"Tentu hal tersebut bukan tanpa alasan. Dalam bahasa Indonesia, kata pamungkas memiliki arti 'menjadi yang terakhir'. Maka begitu pula dengan perjalanan karier saya bersama tim nasional. Saat itu saya memutuskan bahwa pagelaran Piala AFF 2012 akan menjadi penampilan resmi terakhir saya, bersama Tim Nasional Indonesia," jelas Bepe pada tulisan itu.

Di penghujung kariernya , Bepe memang sering kali terlihat menjadi penghuni bangku cadangan Macan Kemayoran. Pada 2019, tercatat hanya dua kali Bepe memulai pertandingan sejak menit pertama.

Namun di Filipina, Bepe menjadi starter pada laga yang berakhir dengan kekalahan Persija dari tuan rumah, Ceres Negros, 0-1 itu. Bepe baru ditarik keluar oleh Pelatih Ivan Kolev pada menit ke-89 dan digantikan Ryuji Utomo.

Pelatih asal Bulgaria yang juga pernah menangani Bepe di Timnas Indonesia itu memuji permainan jebolan Diklat Salatiga itu, meski Kolev juga menyadari ada peluang emas yang tidak bisa dituntaskan Bepe.

"Saya sangat senang dengan penampilan Bambang karena dia sudah bekerja keras di lapangan, tapi mungkin sedikit disayangkan dia gagal menyelesaikan peluang yang sudah 99 persen seharusnya masuk," kata Kolev pada jumpa pers usai laga.

Berita Ini Juga Dimuat di KORAN SUPER BALL, Jumat (5/4/2019)

Editor: Dewi Pratiwi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved