Ini Cara Mengurus SIM Internasional, Berikut Biaya Pemohon Baru dan Perpanjangan SIM Internasional

Ini cara mengurus SIM Internasional di Korps Lalu Lintas Polri. Mengurus SIM Internasional dilakukan di bagian Regident Pelayanan SIM Internasional.

KOMPAS/ABDULLAH FIKRI ASHRI
Warga tengah mengurus pembuatan surat izin mengemudi internasional di Korps Lalu Lintas Polri, Jalan MT Haryono, Jakarta, Rabu (6/3/2019). Pembuatan SIM internasional dapat ditempuh kurang dari 30 menit. Dengan catatan, berkas persyaratan lengkap. 

Ini cara mengurus SIM Internasional di Korps Lalu Lintas Polri. Berikut dengan biaya pemohon SIM Internasional baru dan biaya perpanjangan SIM Internasional.

Diketahui, cara pembuatan SIM Internasional ini tidak dapat diwakilkan, namun dilakukan oleh pemohon sendiri dan dapat mengetahui biaya mengurus SIM Internasional tersebut.

Selain mengetahui cara mengurus SIM Internasional, masyarakat juga harus mengetahui biaya pembuatan SIM Internasional tersebut, baik biaya pemohon SIM Internasional baru dan biaya perpanjangan SIM Internasional.

Dilansir Kompas Bebas Akses, SIM internasional merupakan hasil dari Konvensi Lalu Lintas Kendaraan Bermotor pada 8 November 1968 di Wina, Austria.

Syahrini Unfollow Instagram Hotman Paris Hingga Blokir Akun Medsos 4 Public Figur Ini

Kisah Nenek Suhermin yang Hidup Sebatangkara, Memulung Barang Bekas dan Berjalan Puluhan Kilometer

Ini 7 Fakta Komplotan Pembobol Mesin ATM Hamburkan Uang di Jalan Hingga Warga Rebutan

Pembuatan SIM internasional di Indonesia hanya dilakukan di Korps Lalu Lintas Polri bagian Regident Pelayanan SIM Internasional, di Jalan Letjen MT Haryono Kav 37-38, Jakarta.

Tepat di depan pintu gedung tersebut, Rabu (6/3/2019), tampak papan pengumuman bertuliskan ”Masih Pungli? Capek Dechh” lengkap dengan gambar tangan polisi menolak pemberian uang.

Di bawahnya tertulis ”Kami Memang Belum Sempurna. Tetapi, Kami Selalu Berusaha”.

Saat memasuki gedung, sama sekali tak tampak antrean warga yang duduk atapun berdiri seperti di tempat pengurusan SIM biasa di kantor polisi.

Pengumuman berisi penolakan pungli di Korps Lalu Lintas Polri, Jakarta
Pengumuman berisi penolakan pungli di Korps Lalu Lintas Polri, Jakarta, Rabu (6/3/2019). (KOMPAS/ABDULLAH FIKRI ASHRI)

Setelah mengambil nomor antrean, pemohon SIM Internasional mendapatkan formulir SIM Internasional dari petugas di dalam ruangan.

Selanjutnya, pemohon mengisi formulir yang berisi data pribadi dan menyertakan meterai serta tanda tangan.

Halaman
123
Editor: Panji Baskhara
Sumber: KOMPAS
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved