VIDEO: Lautan Sampah Plastik di Marunda Kepu Menumpuk

Lautan sampah itu sudah lama menumpuk dan tidak pernah diangkut oleh petugas terkait.

Sampah yang didominasi plastik kemasan menumpuk di kawasan Marunda Kepu, Marunda, Cilincing, Jakarta Utara.

Lautan sampah itu sudah lama menumpuk dan tidak pernah diangkut oleh petugas terkait.

Pantauan di lokasi, tumpukan sampah di kawasan Marunda Kepu berada di muara Kanal Banjir Timur (KBT). Ada banyak sampah yang menumpuk mulai dari ranting, eceng gondok, hingga plastik kemasan dan botol mineral.

Sampah-sampah itu menumpuk di pinggir KBT di antara perahu dan kapal yang sedang sandar. Bahkan kondisinya sudah kering dan menjadi daratan karena saking lamanya tidak pernah diangkat petugas.

Seorang warga, Ujang (45) mengatakan sampah-sampah itu menumpuk sudah berlangsung sejak lama. Hal tersebut bisa dibuktikan dari kondisi sampah yang menumpuk dan sudah menjadi seperti daratan.

“Udah tahunan, nggak bisa dibendung sampahnya. Tiap hari ada aja (sampah),” ucap pria yang sehari-hari bekerja sebagai nelayan, Jumat (1/3).

Selama lima tahun tinggal di kawasan tersebut, Ujang mengaku tidak pernah melihat adanya petugas yang datang membersihkan sampah. Alhasil sampah-sampah yang terbawa arus, menumpuk di pinggir KBT.

“Udah lima tahun tinggal, selama itu nggak pernah lihat (petugas). Baru kemarin aja (ada), itu dua hari lalu, yang orange-orange yang ngangkutin,” ucapnya.

VIDEO: Sindikat Narkoba Jenis Baru Diamond MXE Dikendalikan Napi di Lapas

VIDEO: Kuasa Hukum Emak Emak Karawang Sebut Pengajuannya Tidak Direspon Polisi

VIDEO: Timnas Juara, Bripda Sani Rizki Fauzi Naik Pangkat

Seorang warga lainnya, Agustina (39) membenarkan kondisi itu. Ia menyesalkan petugas yang selama ini tidak memperhatikan sampah-sampah yang memang sudah menumpuk dan meresahkan warga.

“Harapannya sampah-sampah itu bisa diangkut, jangan cuma diperhatiin yang di darat aja. Kemarin ada (petugas) tapi cuma di sana (bukan tempat yang banyak sampahnya) aja,” katanya. (jhs)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved