Tahun Baru Imlek

Vihara Dharma Bakti Ramai Wisatawan, Anies Lihat Potensi Wisata Religi

Kehadiran vihara berikut beragam kegiatan di dalamnya menyimpan potensi peningkatan wisata, khususnya wisata religi di Ibukota.

Vihara Dharma Bakti Ramai Wisatawan, Anies Lihat Potensi Wisata Religi
Warta Kota/Dwi Rizki
Suasana Viraha Dharma Bakti di Jalan Kemenangan III Petak Sembilan Nomor 19, RT 03/02, Glodok, Tamansari, Jakarta Barat pada Hari Raya Imlek 2570 yang jatuh pada hari ini, Selasa (5/2/2019). 

TAMANSARI, WARTA KOTA -- Kesan yang ditangkap Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan usai mengunjungi Vihara Dharma Bakti pada Perayaan Tahun Baru Imlek bukan hanya sebatas persatuan.

Dirinya menilai kehadiran vihara berikut beragam kegiatan di dalamnya menyimpan potensi peningkatan wisata, khususnya wisata religi di Ibukota.

Hal tersebut disampaikan Anies usai berkunjung ke Vihara Dharma Bakti atau dikenal dengan nama Wihara Petak Sembilan, kawasan Glodok, Tamansari, Jakarta Barat pada Selasa (5/2/2019) siang.

Dirinya yang ditemani kedua putranya, Mikail dan Ismail itu berharap agar proses revitalisasi wihara tertua di Ibu Kota itu dapat segera rampung pasca kebakaran pada 2 Maret 2015 silam.

Pasalnya, wihara tersebut telah menjadi cagar budaya dalam komplek Kota Tua yang dapat menyerap wisatawan lokal maupun mancanegara.

"Kita juga berharap Vihara Dharma Bakti ini segera bisa tuntas renovasinya. Kita dari Pemprov DKI Jakarta akan mendukung. Karena kebakaran yang terjadi merupakan peristiwa yang bisa dibilang musibah besar bagi perjalanan kebudayaan. Mudah-mudahan bisa tuntas segera," ungkap Anies kepada wartawan di Vihara Dharma Bakti pada Selasa (5/2/2019).

Restorasi bangunan Vihara Dharma Bakti katanya akan secara langsung mengembalikan sejarah wihara yang dibangun pada tahun 1650 silam itu.

Kualitas pengalaman para pengunjung pun diungkapkannya akan meningkat.

"Kita berharap di tempat ini lebih rapi, lebih tertib, sehingga pengalaman mendatangi Vihara Dharma Bakti ini menjadi pengalaman yang berkesan bagi semuanya. Ya kegiatan keagamaannya, ya kegiatan pariwisata, ya kegiatan sosial, ya kegiatan ekonomi," jelas Anies.

"Semuanya terkumpul, termasuk budaya di kawasan Petak Sembilan ini. Ini merupakan salah satu kawasan paling tua sebetulnya di Jakarta. Kita harus rawat sama-sama. Dan saya berharap di tempat ini nantinya akan maju dan berkembang," tambahnya.

Halaman
12
Penulis: Dwi Rizki
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved