News

Ini Kesaksian Korban Penipu Yang Catut Nama Jokowi

pelaku menjanjikan bahwa pinjaman yang diberikan akan menjadi biaya cuma-cuma atau gratis jika Jokowi menang dalam Pilpres 2019, April mendatang.

Ini Kesaksian Korban Penipu Yang Catut Nama Jokowi
Warta Kota/Henry Lopulalan
Ketua Umum Patriot Garuda Nusantara (PGN) Nuril Arifin Husein atau Gus Nuril bersama pasukan Banser berjaga di halaman depan PBNU, Jalan Kramat Raya, Senen, Jakarta Pusat, Jumat (26/10/2018). 

Semanggi, Warta Kota. Kenes (37) perwakilan sejumlah korban penipuan oleh Ikhsan Seno Prabu (39) seorang pegangguran warga Pulogadung, Jakarta Timur, menuturkan pelaku berhasil menipu para korban karena mengaku sebagai PNS dan dari pengajian Gus Nuril yang diutus oleh Yenny Wahid.

Ketua Umum Patriot Garuda Nusantara (PGN) Nuril Arifin Husein atau Gus Nuril bersama pasukan Banser berjaga di halaman depan PBNU, Jalan Kramat Raya, Senen, Jakarta Pusat, Jumat (26/10/2018).
Ketua Umum Patriot Garuda Nusantara (PGN) Nuril Arifin Husein atau Gus Nuril bersama pasukan Banser berjaga di halaman depan PBNU, Jalan Kramat Raya, Senen, Jakarta Pusat, Jumat (26/10/2018). (Warta Kota/Henry Lopulalan)

"Pelaku ngakunya PNS dari pengajian Gus Nuril yang diutus oleh Yenny Wahid. Dia datang door to door ke 3 orang dan mengaku akan memberikan program bagi para pelaku usaha atau pedagang kecil, berupa pinjaman Rp 15 Juta, tanpa bunga," kata Kenes di Mapolda Metro Jaya, Senin (28/1/2019).

Dari 3 orang pedagang itu kata Kenes mereka menginformasikan ke pedagang lain atas tawaran pelaku, lewat grup WhatsApp.

"Dan banyak yang tertarik. Syaratnya bayar administrasi ratusan ribu," kata Kenes.

Apalagi kata dia pelaku menjanjikan bahwa pinjaman yang diberikan akan menjadi biaya cuma-cuma atau gratis jika Jokowi menang dalam Pilpres 2019, April mendatang.

Sehingga kata dia banyak pedagang yang tertarik dan menyiapkan semua berkas dan syarat yang dibutuhkan. Mereka berharap mendapat dana pinjaman Rp 15 Juta akhir Desember dengan membayar biaya administrasi Rp 500 Ribu sampai Rp 650 Ribu.

Namun kata Kenes sampai batas waktu yang dijanjikan yakni akhir Desember 2018, dana yang dijanjikan pelaku tak juga ada.

"Beberapa pedagang yang saya wakili kerugiannya sekitar Rp 1,3 Juta," kata Kenes.

Sehingga para korban membuat kesaksian di video yang akhirnya membuat polisi mengusut kasus ini hingga pelaku yakni Ikhsan Seno Prabu (39) dibekuk di rumahnya di Pulogadung, Jakarta Timur.

Ikhsan Seno Prabu diketahui berhasil menipu 14 orang pelaku usaha kecil di Manggarai, Jakarta Selatan, dengan total senilai Rp 10 Juta.

Halaman
123
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved