INFO PEMPROV JATENG

Ganjar Mengajar di SMA Negeri 1 Bumiayu, Simulasikan Kesiapsiagaan Bencana

Simulasi yang diikuti Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo ini melibatkan komponen penanggulangan kebencanaan: BPBD, PMI, SAR, Tagana, TNI, dan Polri.

Ganjar Mengajar di SMA Negeri 1 Bumiayu, Simulasikan Kesiapsiagaan Bencana
Dok Humas Pemprov Jateng
Para siswa dan guru SMA Negeri 1 Bumiayu Kabupaten Brebes mengikuti simulasi kesiapsiagaan bencana yang digelar Kamis (17/1). Simulasi yang melibatkan seluruh komponen penanggulangan kebencanaan seperti BPBD, PMI, SAR, Tagana hingga TNI dan Polri ini juga diikuti Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. 

WARTA KOTA, BREBES — Para  siswa dan guru SMA Negeri 1 Bumiayu Kabupaten Brebes berlarian keluar kelas menuju halaman sekolah sambil melindungi kepalanya dengan tas, Kamis (17/1/2019) siang.

Mereka menuju titik kumpul di halaman sekolah.

Itulah sekilas suasana simulasi kesiapsiagaan bencana yang digelar di SMA Negeri 1 Bumiayu, Kabupaten Brebes.

Usai simulasi, Rona bahagia ditunjukkan para siswa SMA Negeri 1 Bumiayu yang memiliki murid dari suku Jawa dan Sunda itu.

Muhammad Khairussaleh, siswa kelas 12 SMA Negeri 1 Bumiayu mengatakan, pelatihan seperti itu memang harus dilakukan dan disebar ke seluruh pelajar. 

"Karena kami nanti akan terjun ke masyarakat, jadi sedini mungkin kami perlu mengetahui keadaan yang ada atau bencana sebelum terjadi, lebih baik mencegah. Baru melihat pertama kali proses evakuasi seperti ini, yakni bagaimana upaya penyelamatan saat terjadi bencana, khususnya untuk diri sendiri," ujarnya.

Simulasi yang juga diikuti Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo  melibatkan seluruh komponen penanggulangan kebencanaan, BPBD, PMI, SAR, Tagana hingga TNI dan Polri.

"Saya mencoba menerjemahkan tanpa menunggu apa yang diperintahkan Presiden Jokowi bahwa kebencanaan dimasukkan ke kurikulum. Kalau menunggu diubah dan dimasukkan ke kurikulum, kelamaan," kata Ganjar.

Ganjar Mengajar

Simulasi dilakukan serangkaian dengan kegiatan Ganjar Mengajar di SMA tersebut. Program Ganjar Mengajar dilakukan sejak ia menjabat sebagai gubernur dengan berkeliling ke sejumlah sekolah.

Halaman
123
Penulis:
Editor: Ichwan Chasani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved