Mengenal Kanker Kelenjar Getah Bening yang Menyerang Ustadz Arifin Ilham

Tanda munculnya kanker kelenjar getah bening selain adanya bengkak di daerah kelenjar getah bening adalah penurunan berat badan tanpa sebab.

Mengenal Kanker Kelenjar Getah Bening yang Menyerang Ustadz Arifin Ilham
Instagram
Ustaz Yusuf Mansur Menjenguk Ustaz Arifin Ilham Yang sedang Terbaring Sakit di RSCM, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (8/1/2019). 

Saat ini, Ustadz Arifin Ilham sedang berjuang melawan penyakit Kanker Kelenjar Getah Bening (limfoma).

Kabarnya kanker yang menyerang dai kondang ini telah mencapai stadium 4.

Berdasarkan Riskesdas tahun 2013 di Indonesia diperkirakan ada lebih dari 14.500 pasien limfoma yang terdeteksi di tahun 2013.

Kanker kelenjar getah bening adalah kanker ganas yang menyerang sistem limfatik.

Sistem limfatik merupakan satu bagian penting dari sistem pertahanan tubuh yang memiliki tugas penting dalam membentuk barisan pertahanan guna melawan keberadaan infeksi maupun kanker.

Dr dr Hilman Tadjoedin SpPD-KHOM, dokter spesialis onkologi medic menjelaskan, ada dua jenis limfoma yaitu Limfoma Hodgkin (LH) dan Limfoma Non Hodgkin (LNH).

Gejala awal penyakit ini adalah pembengkakan kelenjar getah bening ( terutama lebih teraba di leher sekitar di bawah telinga).

Limfoma Hodgkin lebih mudah disembuhkan (kurang ganas) dibandingkan limfoma non Hodgkin.

Perjalanan penyakit limfoma dapat diketahui dengan melihat beberapa parameter, yakni usia, penampilan pasien, nilai LDH (marker kerusakan jaringan), penyebaran di kelenjar getah bening, dan stadium penyakit.

“Semakin muda pasien, performanya baik (tidak sakit-sakitan), dan semakin rendah stadiumnya, penyakit lebih mudah disembuhkan dengan kemungkinan harapan hidup lebih panjang,” ujar Hilman, beberapa waktu lalu di acara Dexa.

Halaman
12
Penulis: Lilis Setyaningsih
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved