Ingin Hubungi NASA, Astronot Ini Malah Telepon 911 dari Luar Angkasa

SEORANG astronot asal Belanda menceritakan kisah lucu ketika dia tak sengaja menekan layanan darurat Amerika Serikat (AS) 911 saat di luar angkasa.

Ingin Hubungi NASA, Astronot Ini Malah Telepon 911 dari Luar Angkasa
Rijswijk.TV
ANDRE Kuipers 

SEORANG astronot asal Belanda menceritakan kisah lucu ketika dia tak sengaja menekan layanan darurat Amerika Serikat (AS) 911 saat di luar angkasa.

Andre Kuipers mengungkapkan, saat itu dia berusaha untuk berkomunikasi dengan John Space Center Badan Antariksa AS ( NASA) di Houston.

Dilansir Newsweek Rabu (2/1/2019), Kuipers menjelaskan untuk bisa menghubungi Houston, dia harus menekan angka 9 untuk panggilan dari luar angkasa. Setelah itu diikuti 011 yang merupakan panggilan internasional.

Kesulitan yang dihadapi Kuipers adalah, dia harus melakukannya sambil melayang-layang. Alhasil, astronot berusia 60 tahun tersebut menekan tombol 911.

"Saya membuat kesalahan. Besoknya, saya menerima pesan surel 'anda menghubungi 911?'," kisah Kuipers.

Perangkat komunikasi Kuipers tak ayal langsung mengeluarkan sistem peringatan kepada Houston, di mana staf darurat mengecek stasius mana yang menghubungi Bumi.

"Saya sedikit kecewa karena mereka tidak segera muncul," kelakar astronot yang sudah menyelesaikan dua misi dengan total durasi 203 hari itu.

Kuipers melanjutkan, astronot yang sedang berada di stasiun luar angkasa bisa menelepon menggunakan bantuan satelit setidaknya sebanyak 70 persen.

Tentu, ada tantangan yang harus dihadapi ketika tengah menelepon dengan keluarga maupun teman-temannya yang ada di Bumi.

Antara lain karena jeda yang lama, sering keluarga maupun sahabat yang dia hubungi bakal menutup telepon karena mengira dia tidak berbicara.

"Karena itu untuk menyiasatinya, saya bakal langsung berbicara segera setelah terdengar nada sambung," tutur Kuipers lagi. (Ardi Priyatno Utomo)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Astronot Ini Tak Sengaja Telepon 911 Saat di Luar Angkasa"

Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved