Tahun Baru 2019, YLKI: Waspadai Diskon Abal-abal

Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi mengingatkan agar masyarakat waspadai diskon abal-abal.

Tahun Baru 2019, YLKI: Waspadai Diskon Abal-abal
Warta Kota/Anastasia C Pingkan
Ilustrasi. 

Palmerah, Warta Kota -- Jelang Tahun Baru 2019, perang diskon mulai menjauh di sejumlah pusat perbelanjaan maupun toko online.

Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi mengingatkan agar masyarakat waspadai diskon abal-abal.

Imbauan diungkapkan Tulus mengingat karakter konsumen yang cenderung aktif ketika menemukan adanya diskon baik produk barang dan atau jasa.

Sementara dari sisi marketing, diskon lumrah lumrah diterapkan untuk meningkatkan penjualan atau promosi.

"Banyak pusat-pusat belanja yang menawarkan great sale, big sale, mid night sale dan lainnya. Terhadap hal ini, konsumen harus bersikap cerdas, bahkan waspada," jelasnya dalam siaran tertulis pada Minggu (30/12/2018).

Alasan waspada lanjutnya karena pemberian diskon umumnya dilakukan dengan cara menaikkan harga terlebih dahulu, lalu diberikan diskon atau potongan harga.

Jika hal ini yang terjadi, diskon tersebut katanya layak disebut diskon palsu, alias diskon abal-abal.

"Lihatlah harga barang tersebut dengan kualitasnya. Kalau perlu dibandingkan dengan barang sejenis di tempat lain," imbuhnya.

Konsumen katanya, sebaiknya waspada dengan strategi marketing, seperti 'membeli dua, gratis satu'.

Bisa jadi konsumen merasa lebih murah karena mendapatkan tiga item barang, tapi harga yang dikeluarkan untuk dua item barang saja.

Halaman
12
Penulis: Dwi Rizki
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved