Kena Sanksi Tilang Elektronik dan Tidak Bayar Denda, 193 Kendaraan Plat Nomor B Diblokir

sebanyak 193 kendaraan diblokir lantaran telah ETLE dan tidak melakukan mengklarifikasi dan membayar denda.

Kena Sanksi Tilang Elektronik dan Tidak Bayar Denda, 193 Kendaraan Plat Nomor B Diblokir
Warta Kota/Rangga Baskoro
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf. 

WARTA KOTA, PALMERAH--- Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf mengatakan, sebanyak 193 kendaraan diblokir lantaran telah melanggar Electronic Traffic Law enforcement (ETLE) dan tidak melakukan mengklarifikasi dan membayar denda.

"Ditotal ada 592 kendaraan melanggar. Dirinci ada 193 kendaraan diblokir, sementara itu 399 kendaraan lain divonis dan membayar denda," kata Yusuf, Selasa (4/12/2018).

Bagi kendaraan masyarakat yang telah diblokir tak bisa lagi melakukan klarifikasi selama satu minggu melalui situs etle-pmj.info atau datang ke Kantor Subdit Gakkum di Pancoran, Jakarta Selatan.

"Pemilik kendaraan yang tak membayar denda sesuai dengan amar putusan ataupun sesuai dengan Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat selama waktu yang ditentukan. Jadi kami telah blokir, dan ketika akan membayar pajak. Maka pemilik wajib membuka blokir. Caranya bayar dulu denda. Jika masih tak bayar, denda dapat berkali-kali lipat harganya," ungkapnya.

Sejak penerapan sistem tilang elektronik pada 1 November 2018 hingga di 3 Desember 2018, tercatat sebanyak 4.073 kendaraan yang telah melanggar di dua titik ETLE, di Jalan Medan Merdeka 1.346 kendaraan dan di Jalan Thamrin sebanyak 2.727 kendaraan.

Kasubdit Gakkum AKBP Budiyanto mengatakan, sebanyak 3.164 kendaraan yang terkena sanksi tilang merupakan kendaraan denga plat hitam. Sedangkan untuk plat kuning ada 689 kendaraan yang melanggar.

"Sementara untuk plat merah tercatat ada 169 kendaraan yang melakukan pelanggaran. Soal 169 kendaraan plat merah yang langgar, masih didominasi kendaraan bernopol Plat B ada 80 kendaraan. Disusul TNI/Polri sebanyak 55 unit kendaraan. Sementara 16 kendaraan lain yaitu merupakan milik kedutaan. Diluar DKI, tercatat ada 69 kendaraan," katanya.

35 Truk Terjaring Razian dan Diganjar Tilang Saat Melewati Jalan Kalimalang

YLKI Nilai Tilang Elektronik yang Diberlakukan Polda Metro Jaya Miliki Kelemahan

Ditlantas Polda Metro Jaya Menambah Kamera CCTV Tilang Elektronik di 25 Titik

Penulis:
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved