Ada Proyek Sodetan Ciliwung, Mulai Hari Ini Jalan Otista III Ditutup hingga Februari 2019

Imbas pengerjaan proyek sodetan ciliwung, jalan Otista III, Jatinegara Jakarta Timur ditutup untuk umum hingga Februari 2019 mendatang.

Ada Proyek Sodetan Ciliwung, Mulai Hari Ini Jalan Otista III Ditutup hingga Februari 2019
Warta Kota/Joko Supriyanto
Suasana pengerjaan sodetan Kali Ciliwung, Jalan Otistas III ditutup hingga Februari 2019, Selasa (4/12). 

JATINEGARA, WARTA KOTA -- Imbas pengerjaan proyek sodetan ciliwung, jalan Otista III, Jatinegara Jakarta Timur ditutup untuk umum hingga Februari 2019 mendatang.

Penutupan dilakukan untuk memperlancar proses perbaikan sodetan tersebut yang sudah mulai rusak.

Bahkan satu unit ekskavator pun sudah diterjunkan dilokasi untuk melakukan proses pengerjaan. Tak hanya itu beberapa petugas Dishub pun juga terlihat dilokasi untuk mensosialisasikan kepada pengendara yang melintas.

Tak hanya itu sebuah papan yang berjarak 200 meter dari titik pengerjaan bertuliskan himbauan bawa tengah ada proyek perbaikan sodetan kali Ciliwung, dan pengendara diarahkan ke jalur alternatif. Meski ditutup proses pengerjaan belum dilakukan.

Camat Jatinegara Nasrudin Abu Bakar, mengatakan bahwa proyek sodetan ciliwung akan dilakukan penguatan terowongan pengendali banjir, karena saat ini kondisinya memang sudah rusak dan perlu berbaikan. Terlebih jalur tersebut, digunakan sebagai jalur alternatif bagi pengendara dari DI Panjaitan menuju Otista dan sebaliknya.

"Jadi ini dilakukan pengerjaan untuk memperkuat dan memperbaiki struktur jalan diatas sodetan Kali Ciliwung yang sudah mulai agak retak. Apalagi jalan ini kan memang sering dilewati kendaraan takutnya terjadi hal yang tidak diinginkan," kata Nasrudin, Selasa (4/12/2018).

Suasana pengerjaan sodetan Kali Ciliwung, Jalan Otistas III ditutup hingga Februari 2019, Selasa (4/12).
Suasana pengerjaan sodetan Kali Ciliwung, Jalan Otistas III ditutup hingga Februari 2019, Selasa (4/12). (Warta Kota/Joko Supriyanto)

Menurut Nasrudin, bahwa struktur dari sodetan tersebut memang belum permanen, sehingga berjalannya waktu mengalami kerusakan, dan perlu adanya perbaikan. Meski begitu perbaikan yang akan dilakukan pada sodetan tersebut untuk penangulangan sementara.

Pihaknya mengaku belum mengetahui apakah nanti sodetan tersebut akan dipermanenkan. Karena hingga saat ini masih dalam proses kepastian hukum. Namun setidaknya dengan perbaikan yang dilakukan ini, mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan.

"Ini kan ada semacam lubang besar selebar 12x8 meter dan sedalam 15 meter. Struktur saluran itu sendiri belum dibuat permanen karena akan dilanjutkan untuk pekerjaan selanjutnya, tapi saya juga belum tahu kelanjutnya seperti karena masih ada masalah hukumnya," ujarnya.

Jalur Alternatif
Dalam melakukan upaya rekayasa lalu lintas pada jalan Otista III, Jatinegara, Jakarta Timur yang ditutup karena adanya proyek sodetan kali Ciliwung. Pihak Suku Dinas Perhubungan Jakarta Timur memberikan jalur alternatif. Pasalnya jalur tersebut akan ditutup hingga Februari mendatang.

Halaman
12
Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved