Breaking News:

Sains

Begini Wujud T-rex yang Sebenarnya, Gembul dan Tak Berbulu

"Tim menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk mendapatkan gambaran otot yang sesuai. Ini hasilnya dan siapa pun bisa melihatnya."

Editor: Fred Mahatma TIS
Science Alert
INI gambaran T-rex teranyar yang diumumkan oleh para ahli, bertubuh gembul dan tidak berbulu. 

MENGGAMBARKAN bentuk dan rupa dinosaurus yang hidup 66 juta tahun yang lalu bukanlah perkara mudah.

Untuk merekonstruksinya, para ahli harus menganalisis fosil dengan sangat teliti serta memasukkan imajinasi ke dalamnya.

Namun, seiring waktu, semakin maju pula metode yang digunakan oleh para ahli untuk memberikan citra dinosaurus yang paling mendekati aslinya.

Seperti yang dilakukan sebuah tim yang terdiri dari paleoartis dan ahli paleontolog ini. Mereka berhasil menggabungkan apa yang mereka sebut sebagai citra atau gambaran Tyrannosaurus rex yang paling akurat.

Citra tersebut dibuat lapis demi lapis berdasarkan dari penelitian paling mutakhir dari makhluk tersebut.

"Tim menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk mendapatkan gambaran otot yang sesuai, dan hasilnya sekarang telah ada dan siapa pun bisa melihatnya," kata Scott Hartman, ahli paleobiologi yang terlibat dalam proyek ini.

"Meski begitu, seperti halnya rekonstruksi, tentu saja ada beberapa rincian yang tidak bisa diketahui. Tapi, saya bisa katakan bahwa hasil citra ini merupakan hasil yang paling lengkap," tambahnya seperti dikutip dari Science Alert, Senin (15/10/2018).

INI gambaran T-rex teranyar yang diumumkan oleh para ahli, bertubuh gembul dan tidak berbulu.
INI gambaran T-rex teranyar yang diumumkan oleh para ahli, bertubuh gembul dan tidak berbulu. (artstation.com)

Tidak Berbulu

RJ Palmer, yang memimpin pembuatan citra T-rex ini, setidaknya membaca lebih dari 20 makalah mengenai dinosaurus pemakan daging tersebut.

Secara khusus ia juga membaca makalah di jurnal Biology tahun 2017 yang menunjukkan T rex tidak berbulu di tempat-tempat tertentu.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved