Aksi Terorisme

Cara Terbaik Dapatkan Informasi dari Narapidana Terorisme, Benny Mamoto: Rebut Hatinya

Benny menilai interogasi dengan cara-cara kekerasan kurang efektif, dan cara paling efektif adalah melalui pendekatan kekeluargaan.

Editor: Yaspen Martinus
Istimewa
Para narapidana terorisme dipindahkan ke Nusakambangan dari Rutan Salemba Cabang Mako Brimob. 

BENNY Mamoto, pakar dari Sekolah Kajian Strategic Global, mengungkap cara terbaik untuk memperoleh informasi dari narapidana terorisme (napiter).

Benny menilai interogasi dengan cara-cara kekerasan kurang efektif, dan cara paling efektif adalah melalui pendekatan kekeluargaan.

"Saya ingat dulu ada cerita tentang panglima Jemaah Islamiyah (JI) bernama Panglima Zulkarnain. Dia itu sangat perhatian dengan anggotanya, jadi itu yang saya implementasikan dalam menginterogasi teroris," ungkap Benny di Ashley Hotel, Jalan KH Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Selasa (22/5/2018).

Baca: Amien Rais: Saya Hanya Salah Satu dari Banyak Tokoh Reformasi

Selain itu, ia mencontohkan betapa sulitnya menginterogasi pelaku bom Bali I, Mukhlas. Namun tak disangka, Benny berhasil mendapatkan informasi setelah memulai pembicaraan mengenai istri pelaku.

"Mukhlas itu cukup sulit. Lalu saya ajak membicarakan istrinya. Istri Mukhlas ini kembang desa di Malaysia. Itulah kebanggaan yang saya pakai untuk memperoleh informasi," tuturnya.

Benny menekankan pentingnya proses deradikalisasi sejak awal napiter tersebut ditangkap polisi, dan dilakukan dengan baik tanpa menggunakan kekerasan.

Baca: Kenapa Amien Rais Kumat Kritik Pemerintah? Ini Penjelasan Fahri Hamzah

"Kita mengedepankan proses deradikalisasi sejak awal, jadi enggak tunggu di lapas dulu selain mengedepankan penindakan hukum," jelasnya.

"Jadi kita harus rebut hatinya dan jalin hubungan yang baik. Jadi, kami tidak mengubah ideologi, cuma kami menggeser jangan menggunakan kekerasan," sambung Benny. (Vincentius Jyestha)

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved