Ramadan 2018

Pemkot Tangerang Ajak Warga Ngabuburit Sehat di 108 Masjid

Karena kebiasaan masyarakat kita ini kalau puasa jadi malas beraktivitas fisik dan olahraga. Sebaiknya olahraga tidak ditinggalin saat puasa.

Pemkot Tangerang Ajak Warga Ngabuburit Sehat di 108 Masjid
Warta Kota/Andika Panduwinata
Pemerintah Kota Tangerang mengajak warga berolahraga sambil menunggu bedug maghrib sebagai tanda berbuka puasa di 108 masjid di Kota Tangerang. 

WARTA KOTA, TANGERANG --- Ngabuburit atau menunggu waktu beduk maghrib sebagai tanda berbuka puasa saat Ramadan akan lebih menyenangkan jika melakukan beragam kegiatan menarik dan bermanfaat.

Oleh karena itu, Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Kesehatan mengajak masyarakat ngabuburit sambil olahraga.

"Tak perlu khawatir dehidrasi, justru olahraga tetap dianjurkan meski sedang berpuasa," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Liza Puspadewi kepada Warta Kota, Selasa (22/5/2018).

Dia menjelaskan, program yang diberi nama Ngabuburit Sehat (Ngajak buka puasa Bareng penuh keberkahan dan hidup tetap sehat) diadakan di 108 masjid di Kota Tangerang.

Baca: Tradisi Ngabuburit, Berzikir Gunakan Tasbih Raksasa Berusia 400 Tahun 

"Di bulan Ramadan yang penuh berkah ini, Dinas Kesehatan dan Puskesmas tetap menyapa dan menghampiri masyarakat Kota Tangerang di 108 Musholla dan Masjid di pelosok Kota Tangerang melalui kegiatan Ngabuburit Sehat," ucapnya.

"Karena kebiasaan masyarakat kita ini kalau puasa jadi malas beraktivitas fisik dan olahraga. Sebaiknya olahraga tidak ditinggalin saat puasa," ucapnya,

Hanya saja intensitas olahraga yang berkurang. Olahraga, kata Liza,  bisa membantu sirkulasi oksigen dalam tubuh dan memperlancar metabolisme sehingga kesehatan tubuh tetap terjaga selama puasa.

Tujuan dilaksanakan kegiatan itu, Liza menerangkan bahwa selain mensyiarkan puasa Ramadan sekaligus  sebagai sarana edukasi kepada masyarakat.

Baca: Disdukcapil DKI Jakarta Gencar Layani Warga e-KTP Ngabuburit

Ngabuburit Sehat juga bisa menyeimbangkan antara kesehatan jasmani dan rohani.

"Misinya adalah mengedukasi masyarakat agar menjalankan puasa yang sehat. Dan tidak hanya jasmani yang kami perhatikan," katanya.

"Kesehatan rohani pun tidak kami lupakan, dengan mewakafkan beberapa Al Quran dan mukena untuk digunakan masyarakat dalam beribadah," ucapnya lagi.

Kegiatan Ngabuburit Sehat yang dimulai dari pukul 17.00 WIB antara lain diisi dengan senam ringan bersama, pelayanan kesehatan, buka puasa sehat bersama, salat Maghrib, Isya dan Tarawih berjamaah, serta pemberian wakaf Al Qur'an dan mukena.

Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved