Berita Heboh

Weeew, Kampung Ini Dijuluki Kampung Kembar Adanya di Jakarta, Ada 13 Pasang Anak Kembar

Tak akan ada masyarakat yang menyadari perkampungan ini memiliki keunikan tersendiri dibanding dengan permukiman padat penduduk lainnya di Jakarta.

Weeew, Kampung Ini Dijuluki Kampung Kembar Adanya di Jakarta, Ada 13 Pasang Anak Kembar
Tribun Jakarta
Beberapa pasangan kembar yang tinggal di RW 03, Malaka Jaya, Duren Sawit, Jakarta Timur 

WARTA KOTA, BOGOR - Bila dilihat sekilas, perkampungan warga di RW 03, Malaka Jaya, Duren Sawit, Jakarta Timur mungkin tidak berbeda dengan permukiman padat lainnya yang lazim dijumpai di berbagai sudut ibu kota.

Tak akan ada masyarakat yang menyadari perkampungan ini memiliki keunikan tersendiri dibanding dengan permukiman padat penduduk lainnya di Jakarta.

Bila ditelisik lebih dalam, ternyata kampung ini memiliki 13 pasang kembar, tak ayal banyak yang menyebutnya dengan istilah 'kampung kembar'.

"Sekarang di RW 03 ada 13 pasang, sebelumnya tahun 2014 ada 19 pasang, sudah ada yang meninggal atau pindah," kata Ketua RW 03 Andang Subaryono, Sabtu (24/3/2018).

Awalnya istilah 'kampung kembar' diberikan oleh beberapa wartawan yang pertama kali datang meliput ke kampungnya sekira tahun 2014.

"Tahun 2014 ada wartawan yang meliput kesini, lalu memberi usul mendata warga yang kembar, setelah di data ternyata ada 19 pasang," ucapnya.

"Barulah tercetus istilah 'kampung kembar' setelah pihak RW melakukan pendataan tersebut," tambahnya.

Andang tidak mengira jumlah pasangan kembar di lingkungan yang telah ia pimpin sejak tahun 2009 bisa sebanyak itu.

"Dulu tidak tahu kalau di sini banyak pasangan kembar, cikal bakal yang satu tahu dulu di Gang III ada enam pasang kembar," ungkap dia.

Pasangan kembar yang tinggal di RW 03 ini terdiri dari berbagai usia dan profesi, dari yang masih sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga yang sudah berkeluarga dan memiliki anak.

Saat ini Vani Mariana Wijaya dan Vina Mariana Wijaya menjadi pasangan kembar termuda di kampung kembar dengan usia lima tahun.

Sementara Pujo Hutomo dan Pujo Wibowo menjadi pasangan kembar tertua, karena usia mereka sudah menginjak 51 tahun.

Istilah kampung kembar terasa semakin spesial, karena bukan hanya pasangan dengan jenis kelamin yang sama, tetapi pasangan kembar yang berlawanan jenis juga ada di RW 03 ini.

Pasangan tersebut adalah Robi Purwanto dan Firli Purwanti, dua kakak-beradik berjenis kelamin berbeda.

Fenomena pasangan kembar ini sangat jarang dijumpai, apalagi dalam satu perkampungan terdapat 13 pasang kembar, itulah yang menjadi keunikan tersendiri atau menjadi ciri khas dari RW 03, Malaka Jaya, Duren Sawit, Jakarta Timur. (Dionisius Arya Bima Suci)

Editor: Adi Kurniawan
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved