Siklus Ganti Oli Mobil Sering Kena Macet Ternyata Berbeda

Saran pergantian oli mesin mobil pada mengacu jarak tempuh setiap 10.000 kilometer. Tapi untuk mobil yang sering kena macet, hitungannya beda.

Siklus Ganti Oli Mobil Sering Kena Macet Ternyata Berbeda
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (21/2/2018). 

WARTA KOTA, PALMERAH -- Saran untuk pergantian oli mesin mobil pada umumnya mengacu pada dua pilihan, yakni berdasarkan jarak tempuh setiap 10.000 kilometer ataupun setiap enam bulan sekali.

Mana yang dipilih tentunya mengacu mana yang tercapai lebih dulu.

Berbicara mengenai jarak tempuh atau waktu, Head of Retail Division Astra Otoparts Indra Nugraha memberikan saran khusus untuk pengendara yang sering menggunakan mobilnya saat macet.

Baca: Jangan Sebut Mobil Anda Kuno Kalau Belum Penuhi Kriteria Ini

Untuk kondisi seperti ini, Indra menyarankan pergantian oli sebaiknya mengacu pada perbandingan antara jarak tempuh dan nyala mesin.  

Indra mencontohkan perjalanan setiap harinya dari rumah di Rawamangun, Jakarta Timur ke kantor di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Menurut Indra, jarak Rawamangun ke Kelapa Gading sebenarnya hanya sekitar 8 kilometer. Namun karena macet waktu tempuh memanjang hingga 45 menit.

Baca: Buwas Sebut Kerja Keras BNN Sia-Sia

Indra menyebut waktu tempuh yang sama sebenarnya bisa digunakan untuk menempuh jarak Rawamangun ke Cikarang, Kabupaten Bekasi yang disebutnya mencapai sekitar 45 kilometer.

"Jadi kalau jarak tempuh di-compare dengan nyala mesin, nyala mesin dari Rawamangun ke Gading yang 8 kilometer sudah sama dengan mobil yang menempuh jarak 45 kilometer," kata Indra di Jakarta, Jumat (23/2/2018).

Baca: Pemabuk Tusuk Pria di Kembangan

Menurut Indra, beban kerja mesin mobil yang berkendara jarak dekat namun macet, lebih berat ketimbang mobil yang menempuh perjalanan jauh dengan lancar.

Karena itu sudah seharusnya pergantian oli tidak menunggu tercapainya jarak tempuh ideal.

"Jadi kalau dijalankan dalam situasi yang apple to apple, pendekatan untuk mesin yang sudah bergerak lebih lama dibanding kilometernya bukan lagi kilometer, tapi running hour. Tapi ATPM biasanya tetap menyarankan 10.000 atau 6 bulan mana yang tercapai lebih dulu," ujar Indra.(Alsadad Rudi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Saran Ganti Oli untuk Mobil yang Sering Kena Macet".

Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved