Izin 600 Pendaki Gunung Gede Pangrango untuk Jumat Hingga Minggu Dibatalkan

"Untuk hari Jumat sampai Minggu ini sudah full booking mencapai 600 orang. Semuanya dibatalkan,"

Izin 600 Pendaki Gunung Gede Pangrango untuk Jumat Hingga Minggu Dibatalkan
Warta Kota
Taman Nasional Gunung Gede Pangrango 

WARTA KOTA, CIANJUR -- Dua hari terakhir ini dalam kondisi cuaca ekstrem sebanyak 35 pohon dengan rata-rata diameter 30 sampai 60 centimeter di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) di Cianjur, Jawa Barat, tumbang.

Di antaranya di jalur pendakian Gunung Putri sebanyak 9 pohon, Cibodas sebanyak 14 pohon dan di area bumi perkemahan Mandalawangi sebanyak 12 pohon.

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Pengelolaan Taman Nasional (PTN) BB TNGGP Wilayah I Cianjur, V. Diah Qurani Kristina kepada Kompas.com melalui pesan WhatsApp, Jumat (1/12/2017).

"Puluhan pohon itu tumbang karena tiupan angin yang sangat kencang. Kami mengimbau kepada wisatawan yang sudah booking pendakian untuk membatalkan dan mengganti waktunya hingga cuaca kembali normal," ucapnya.

Diah menuturkan kuota pendakian gunung mencapai 600 orang setiap harinya meliputi Cibodas sebanyak 300 orang, Gunung Putri sebanyak 200 orang dan Selabintana sebanyak 100 orang.

"Untuk hari Jumat sampai Minggu ini sudah full booking mencapai 600 orang. Semuanya dibatalkan. Petugas kami tetap bersiaga untuk mengantisipasi para pengunjung ilegal," tutur Diah yang sebelumnya bertugas di Direktorat Pemanfaatan Jasa Lingkungan Hutan Konservasi , Ditjen KSDAE, Kementerian LHK.

Kata Diah, sebenarnya sebelum diputuskan ada penutupan oleh petugas.

"Para pengunjung sudah diingatkan kondisi cuaca yang ekstrem, dan disarankan tidak mendaki, namun mereka tetap minta mendaki," kata Diah.

Namun, lanjut dia, setelah resmi diputuskan ada penutupan akhirnya para petugas bersama sukarelawan menyusul dan menyisir para pengunjung yang sudah mendaki gunung.

Penyisiran dilaksanakan di dua pintu masuk Resor Cibodas dan Resor Gunung Putri.

Halaman
12
Editor: Murtopo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved