Tempat Merokok di Tangsel Akan Diatur

Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan tengah mensosialisasikan Peraturan Daerah (Perda) tentang Kawasan Tanpa Rokok di wilayah Tangsel.

Tempat Merokok di Tangsel Akan Diatur
Ilustrasi rokok. (Kompas.com) 

Laporan wartawan wartakotalive.com, Alija Berlian Fani

WARTA KOTA, SERPONG -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) tengah mensosialisasikan Peraturan Daerah (Perda) tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di wilayah Tangsel.

"Perda Kawasan Tanpa Rokok ini akan mengatur tempat merokok, sehingga bisa memberikan perlindungan kepada perokok pasif," kata Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Tangsel, Iin Sofiyawati, Rabu (18/10/2017).

Perda dengan nomor 4 Tahun 2016 ini, diharapkan menjadi payung hukum untuk melindungi hak bagi seluruh warga Tangsel untuk menghirup udara bersih dan sehat tanpa asap rokok.

Dengan demikian, orang tidak lagi boleh merokok di sembarang tempat, seperti di area publik, sarana pendidikan, kesehatan, taman bermain, perkantoran, pusat perbelanjaan, dan restoran.

Sosialiasi terkait aturan ini sudah dilakukan di seluruh kantor kelurahan, kecamatan, puskesmas, rumah sakit, dan sarana fasilitas kesehatan lain.

"November besok kami akan intensifkan mensosialisasikan ini ke sekolah SMP dan SMA. Sosialisasi ke sekolah akan kami lakukan bersama BNN ," jelasnya.

Selain itu, bagi pelanggar akan mendapatkan sangsi berupa kurungan penjara beberapa bulan dan denda hingga puluhan juta rupiah.

"Sanksi berupa kurungan selama tiga bulan atau denda Rp 2,5 juta yang dikenakan secara bertahap hingga Rp 50 juta dan denda kurungan enam bulan," paparnya.

Akan tetapi menurutnya untuk saat ini sangsi tersejut berlum diberlakukan karena masih berupa teguran dan himbauan untuk tidak merokok di lokasi yang terlarang atau bebas asap rokok.

Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved