Hari Kopi Internasional 2017

Bondowoso Gelar Minum Kopi Arabika dan Robusta Gratis 17.000 Gelas

Pemerintah Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Minggu (1/10) malam menggelar minum kopi arabika dan robusta gratis sebanyak sekitar 17.000 gelas.

Bondowoso Gelar Minum Kopi Arabika dan Robusta Gratis 17.000 Gelas
KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO
Kopi dan biji kopi produksi dari kebun di Vila MesaStila, Magelang, Jawa Tengah, Senin (13/10/2014). Vila MesaStila dahulu merupakan rumah pemilik kebun kopi asal Belanda, Gustav Van Der Swan tahun 1928 dan pernah berpindah kepemilikan pada HOS Cokroaminoto. 

WARTA KOTA, BONDOWOSO - Pemerintah Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Minggu (1/10/2017) malam menggelar minum kopi arabika dan robusta gratis sebanyak sekitar 17.000 gelas (cup) dalam rangka memperingati Hari Kopi Internasional 2017.

"Hari Kopi Internasional yang jatuh pada 1 Oktober kendati bukan peringatan yang bersifat official goverment, tetapi peringatan hari kopi dilaksanakan di hampir semua negara penghasil kopi, dan bahkan di berita Presiden Joko Widodo juga memperingatinya di Istana Bogor," kata Bupati Bondowoso, Amin Said Husni dalam sambutannya di acara Hari Kopi Internasional 2017 di Alun-Alun Kabupaten Bondowoso, Minggu (1/10/2017) malam.

Ia mengemukakan, Kabupaten Bondowoso yang sudah mendeklarasikan sebagai "Bondowoso Republik Kopi" (BRK) memperingat Hari Kopi Internasional 2017 mengundang masyarakat dan pecinta kopi untuk minum kopi gratis bersama dengan menyediakan sekitar 17 ribu gelas.

Baca: Masyarakat Kota Civitavecchia Italia Sambut Hangat KRI Bima Suci

Selain itu, katanya, Bondowoso ikut memperingati dan menyemarakkan hari kopi sebagai bentuk komitmen kabupaten setempat sebagai penghasil kopi untuk terus mengembangkan perkopian nusantara.

"Jadi diselenggarakannya minum kopi gratis ini juga sebagai edukasi kepada masyarakat meminum kopi yang benar atau kopi asli dan berkhasiat, karena konon minum kopi itu sehat kalau kopinya kopi yang benar, di Bondowoso ini sebagai Republik Kopi kami mengkampanyekan minum kopi yang sehat dengan melaksanakan minum kopi gratis di Hari Kopi Internasional," katanya.

Menurut Bupati Amin, kegiatan ini sekaligus merupakan sebagai dorongan dan motivasi kepada semua stakeholder perkopian di Bondowoso, dan masyarakat yang semakin sadar tentang kopi nantinya secara otomatis akan meningkatkan konsumsi kopi serta dapat meningkatkan volume perdagangan kopi di Kota Tapai itu.

"Pertama kali pengembangan klaster kopi arabika di Bondowoso bekerja sama dengan enam pihak, yaitu Pemkab Bondowoso, Perhutani, Puslikoka, Bank Indonesia Perwakilan Jember, Bank Jatim dan Asosiasi Petani Kopi Indonesia (Apeki)," paparnya.

Ribuan warga tampak antusias menghadiri acara minum kopi arabika dan robusta gratis di Hari Kopi Internasional 2017, belasan ribu gelas kopi disiapkan dan dibagikan kepada masyarakat penikmat dan pecinta kopi. (Antara)

Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved