Citizen Journalism

Blokir! Demokrasi di Dunia Internet dan Sosial Media

Kalaulah Telegram diblokir, lalu bagaimana nasib whatsapp, BBM, Line, Wechat karena hakikatnya sama merupakan platform percakapan dan sharing.

Blokir! Demokrasi di Dunia Internet dan Sosial Media
Kompas.com
Ilustrasi 

WARTA KOTA, PALMERAH -- Telegram diblokir! Setidaknya itu salah satu strategi pemerintah meredam paham radikalisme dan terorisme.

Menariknya kerangka penyelesaian pertarungan didunia maya diselesaikan melalui gelanggan kekuasaan.

Pada banyak kasus, pemerintah memang agak terlambat beradaptasi dengan teknologi, sehingga metode pamungkas penyelesaian dilakukan dengan penutupan alias blokir.

Dari masa ke masa, kejadian serupa berlangsung sesuai zamannya. Penetapan untuk melakukan pembubaran kumpulan massa, pembekuan izin berorganisasi, hingga pencabutan bahkan pembredelan media massa pernah terjadi.

Jadi tidak mengherankan bila kemudian di era internet saat ini pun, langkahnya sama yakni dilakukan pemblokiran.

Hal tersebut semakin memperlihatkan pola yang tipikal ketika kekuasaan berjalan di belakang arus perubahan.

Ibaratkan sosial media layaknya Telegram yang menjadi aplikasi komunikasi itu seperti halnya sebuah pisau, kiasan klasik tentang kegunaan pisau yang dapat menjadi alat potong untuk memasak atau sarana membunuh, jadi Telegram pun serupa bisa menjadi hal baik atau buruk sekaligus.

Maka prinsip utamanya adalah menyisihkan yang baik dari yang buruk, tetapi tidak menghilangkan esensi keberadaannya. Internet dan social media adalah tools digital yang mengandaikan pengguna sebagai pemilik kepentingan sejati, oleh karena itu faktor “the man behind the gun” itulah yang menjadi aktor utama.

Karena hal itu pula maka medium dan sarana yang dipergunakan sesungguhnya bebas nilai, terkecuali memang dinyatakan demikian oleh pencipta aplikasinya sebagai visi dari keberadaan sosial media tersebut.

Bagaimana bersikap?

Halaman
123
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved