Jakcard Dipakai untuk Sistem Pembayaran Masuk KB Ragunan

Penggunaan Jakcard ini sih sudah mulai biasa juga buat pengunjung, mungkin pas diawal memang agak sulit diterima, tapi kita kan harus ikut arahan

Jakcard Dipakai untuk Sistem Pembayaran Masuk KB Ragunan
Nurfitri Aprilia
Penggunaan kartu pintar Jakcard rupanya juga sudah diaplikasikan di kebun binatang (KB) ragunan, penggunaan ini sudah mulai diresmikan pada Mei 2016 lalu, dengan masa transisi percobaan kurang lebih 4 bulan sebelumnya. 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Nurfitri Aprilia

WARTA KOTA, RAGUNAN - Penggunaan kartu pintar Jakcard rupanya juga sudah diaplikasikan di kebun binatang (KB) ragunan, penggunaan ini sudah mulai diresmikan pada Mei 2016 lalu, dengan masa transisi percobaan kurang lebih 4 bulan sebelumnya.

Menurut Wahyudi Bambang (40) saat ditemui dikantornya di Jl. Harsono RM, No.1, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, pada Kamis (10/11) pria yang menjabat sebagai Humas KB Ragunan ini, penggunaan Jakcard sendiri merupakan arahan langsung dari Gubernur DKI Jakarta.

Mengingat di tahun mendatang, penggunaan uang tunai akan mulai beralih pada Jakcard, khususnya lokasi wisata di Jakarta dan angkutan umum transjakarta.

"Penggunaan Jakcard ini sih sudah mulai biasa juga buat pengunjung, mungkin pas diawal memang agak sulit diterima, tapi kita kan harus ikut arahan, lagi juga ini kan namanya kemajuan ya," ujar Bambang.

Menurut pria kelahiran Klaten ini, penggunaan Jakcard sendiri banyak memudahkan bagi pengunjung dan pengelola, contohnya saja pengunjung tidak perlu repot mengantri untuk membeli tiket masuk, dengan sekali 'tap' pengunjung sudah terdata dan dapat masuk ke lokasi wisata tersebut.

Selain itu, Jakcard sendiri juga dapat digunakan di berbagai lokasi wisata dan kendaraan umum Transjakarta, pengguna hanya tinggal mengisi ulang kartu Jakcard di Bank DKI dan atau tempat-tempat yang sudah bekerja sama, seperti Halte Transjakarta dan tempat wisata Jakarta, seperti yang disampaikan langsung oleh Bambang.

"Sebenarnya kan sekali dia beli Jakcard seharga Rp 30.000, isinya sebesar Rp 20.000 itu bisa dia gunakan untuk kemana saja lokasi wisata di Jakarta yang memang terkoneksi, kalau masuk sininya ya tidak berubah tetap Rp 4000 untuk dewasa dan Rp 3000 untuk anak-anak, sudah gitu juga kartunya akan jadi milik pribadi kan, bisa lebih berguna lagi," terang pria ini.

Meski kehadiran Jakcard lebih banyak membawa kemudahan, namun tidak sedikit pengunjung yang masih sulit beradaptasi dengan kartu pintar tersebut.

Seperti salah satu pengunjung dari luar Jakarta ini, menurut Aiman (45) penggunaan Jakcard justru membuatnya pusing lantaran harus membayar lebih untuk kartunya tersebut.

Halaman
12
Editor: Adi Kurniawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved