Konsultasi

Optimisme Atau Pesimisme

Baik optimistis maupun pesimistis sama-sama melihat adanya suatu permasalahan, hanya ada perbedaan pendapat apakah hal itu dapat ditangani atau tidak

Optimisme Atau Pesimisme
Kompas
Ilustrasi. 

Oleh Agustine Dwiputri

Pengertian optimisme dari kamus Merriam-Webster adalah perasaan atau keyakinan bahwa hal-hal baik akan terjadi di masa depan, dan yang kita harapkan akan terjadi. Dalam kehidupan, penggunaan istilah optimisme tidaklah sesederhana.

Ada kesalahpahaman yang perlu diluruskan sehingga seorang yang disebut optimistis akan memperoleh manfaat dan kebahagiaan.

Dapatkah kita membenarkan jika seseorang yang akan memperbaiki genteng pecah di rumahnya, hanya menaiki tangga untuk mencapai atap tanpa menggunakan tali pengaman di tubuhnya, dan ketika diperingatkan menjawab, ”Saya optimis saja?”

Rasanya itu bukan optimisme, melainkan sesuatu tindakan yang nekat atau sembarangan.

Optimisme merupakan hal yang baik untuk berbagai hal, tetapi pasti tidak akan memberi kesempatan seseorang untuk celaka, karena itu yang dilakukan orang tersebut adalah suatu optimisme yang irasional.

Shawn Achor (2011) mengartikan optimisme rasional sebagai ”penilaian yang realistis mengenai saat ini, dengan tetap mempertahankan keyakinan bahwa perilaku kita akhirnya akan menciptakan realitas yang lebih baik”. Dijelaskan adanya beberapa kesalahpahaman mendasar tentang peran optimisme.

Pertama, sebagai seorang yang disebut optimis, sebaiknya tidak menjadikan suatu penghinaan padanya.

Kita berusaha untuk mengatakan bahwa seseorang memiliki pandangan menyesatkan tentang realitas, yang didasarkan hanya pada keinginan, bukan bagaimana hal-hal sebenarnya.

Optimisme irasional akan menyebabkan penggelembungan keuangan, contohnya mengapa kita membeli rumah yang sebenarnya tidak mampu kita bayar, atau mengapa kita terlalu cepat menyatakan bahwa pekerjaan sudah selesai, padahal sama sekali belum dimulai.

Halaman
1234
Editor: Andy Pribadi
Sumber: KOMPAS
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved