Penyelundupan

Tengkorak Suku Bali Nyaris Diselundupkan

Upaya penyelundupan tengkorak manusia kembali terjadi. Kali ini, empat tengkorak manusia salah satu suku di Indonesia nyaris diekspor ke negara lain.

Getty Image/bbc.co.uk
Ilustrasi 

WARTA KOTA, TANGERANG - Upaya penyelundupan tengkorak manusia kembali terjadi. Kali ini, empat tengkorak manusia salah satu suku di Indonesia nyaris diekspor ke negara lain untuk diperjualbelikan.

Kasubdit Perlindungan Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Widiati pada Selasa (16/2/2016) mengatakan, penyelundupan tengkorak manusia memang sedang tren di sepanjang 2015.

"Sepanjang 2015 kemarin ada tiga kasus upaya penyelundupan. Yang terbaru adalah penyelundupan empat tengkorak suku Bali. Empat tengkorak ini hendak dikirim ke Amerika Serikat dan Australia, " kata Widiati.

Widiati menuturkan, empat tengkorak tersebut sudah berusia lebih dari 50 tahun.

"Artinya sudah masuk kategori cagar budaya, dan harus dilestarikan," katanya lagi.

Menurut Widiati, kasus penyelundupan tengkorak manusia ini bukan hanya terjadi di Indonesia, tapi beberapa negara lain di dunia.

"Yang diincar adalah tengkorak dari suku-suku berbagai negara. Indonesia adalah negara dengan suku yang sangat banyak, makanya sering ada percobaan penyelundupan, " katanya.

Penulis: z--
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved