Breaking News:

Konsultasi

Hernia dan Diabetes Melitus

Memang benar operasi hernia merupakan operasi yang rutin dikerjakan di rumah sakit kita, termasuk rumah sakit daerah.

Kompas.com
Ilustrasi operasi hernia. 

Oleh dr Samsuridjal Djauzi

Ayah saya (67 tahun) menderita diabetes melitus sejak lima tahun lalu. Sekarang pengendalian diabetesnya dengan diet, olahraga, dan obat penurun gula darah. Ayah semula gemuk sekali, tetapi beliau berhasil mengatur pola makan sehingga berat badannya turun sampai mendekati normal. Gula darah juga cukup terkendali.

Namun, yang menjadi persoalan adalah ayah mempunyai hernia di lipat paha sebelah kiri. Setiap berolahraga beliau mengeluh hernianya membesar. Kami sudah membawa beliau ke dokter dan dokter menganjurkan agar hernia tersebut dioperasi.

Ayah agak khawatir menghadapi operasi karena selain diabetes, beliau juga ada hipertensi dan jantung koroner. Meski operasi hernia menurut dokter bukan operasi besar, ayah masih ragu.

Seminggu yang lalu ayah mengalami pembengkakan hernia yang cukup besar dan ada rasa nyeri di hernianya sehingga amat mengganggu.

Kami membawanya ke gawat darurat rumah sakit. Diberi pertolongan sementara dan obat, cukup menolong, tetapi dokter gawat darurat menganjurkan agar ayah segera dioperasi.

Dokter mengkhawatirkan dapat terjadi komplikasi sehingga saluran usus terganggu.

Sekarang ayah setuju untuk operasi. Kami ingin mengetahui risiko yang dihadapi oleh orang usia lanjut yang akan menghadapi operasi.

Apakah dapat terjadi serangan jantung atau kencing manis akan meninggi. Benarkah pada orang usia lanjut dapat terjadi emboli, butiran darah kecil yang dapat menyumbat pembuluh darah karena tiduran lama? Mohon penjelasan risiko yang mungkin terjadi. Terima kasih atas penjelasan dokter.

P di J

Halaman
1234
Editor: Andy Pribadi
Sumber: KOMPAS
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved