Tip Kesehatan

Begini Nih Cantik dengan Sisa Susu

Upaya Tri Lestari Handayani (41) memanfaatkan sisa susu sapi tidak saja membuka peluang kerja, tetapi juga menjadi sandaran hidupnya hingga sekarang.

Begini Nih Cantik dengan Sisa Susu
KOMPAS/REGINA RUKMORINI
Tri Lestari Handayani. 

WARTA KOTA, PALMERAH - Upaya Tri Lestari Handayani (41) memanfaatkan sisa susu sapi tidak saja membuka peluang kerja, tetapi juga menjadi sandaran hidupnya hingga sekarang.

Merintis usahanya sejak tahun 2012, Tri kini memproduksi delapan jenis kosmetik dan jajanan berbahan susu sapi, berikut susu sapi siap minum aneka rasa.

Selain Magelang, berbagai produknya juga telah dipasarkan ke beberapa kota, seperti Jakarta, Semarang, Solo, Medan, beberapa kota di Jawa Timur dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Ide memanfaatkan susu sapi ini bermula dari kegiatan Tri yang sebelumnya memang menjalankan usaha berjualan susu sapi segar dari ternak sapinya sendiri.

Saat tinggal di Kabupaten Boyolali, susu sapi segarnya selalu habis terjual.

Namun, ketika akhirnya terpaksa pindah rumah dan memulai usaha yang sama di Kota Magelang, dia pun kebingungan karena susu sapinya selalu ada yang tersisa, tidak laku terjual 1-2 liter per hari.

Tri kemudian berkonsultasi ke Dinas Perdagangan Kabupaten Semarang, mencoba mencari tahu apayang bisa dimanfaatkan dari sisasusu tersebut.

Pihak dinas merespons, Tri dilatih untuk mengolah susumenjadi lulur, scrub, dan beragam jajanan.

Setelah merasa mampu, Tri mencoba membuat sabun sendiri di rumah.

Sebagian dibagikan kepada kerabat dan tetangga sekitar. Setelah tidak lagi menerima kritik tentang sabunnya, barulah Tri berani berpromosi dan menjual produknya, termasuk dengan sistem daring.

Halaman
123
Editor: Andy Pribadi
Sumber: KOMPAS
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved