Konsultasi

Manfaat Cangkok Ginjal

Penyebab gagal ginjal kronik cukup banyak, di antaranya batu saluran kemih, infeksi saluran kemih misalnya pielonefritis, kemudian ada juga nefropati

Manfaat Cangkok Ginjal
Kompas.com
Ilustrasi. 

Oleh dr Samsuridjal Djauzi

Kakak laki laki saya menderita darah tinggi sejak 15 tahun yang lalu. Sekarang usianya sudah 52 tahun.

Dia tak patuh minum obat darah tinggi. Sering kali dia berhenti minum obat dokter dan menggantinya dengan obat herbal karena terpengaruh informasi di media massa.

Tiga bulan yang lalu dia mual-mual hebat dan kedua kakinya sembab. Dia berkonsultasi dengan dokter.

Selain memeriksa fisik kakak saya, dokter juga melakukan pemeriksaan laboratorium, terutama fungsi ginjal, serta pemeriksaan ultrasonografi.

Dokter menyimpulkan hipertensi kakak saya tak terkendali dengan baik serta telah terjadi gagal ginjal kronik. Pemeriksaan LFG hanya sekitar 35 ml/menit.

Dokter berbicara cukup lama dengan kakak saya dan keluarga. Beliau menekankan pentingnya memantau hipertensi dengan baik, minum obat hipertensi yang telah dipilihkan.

Untuk menjaga agar gagal ginjal kronik tidak progresif, ia harus menjalani diet yang telah dibuatkan serta menghindari obat dan keadaan yang dapat menurunkan fungsi ginjal. Jika terjadi gagal ginjal terminal, untuk mengatasinya perlu cuci darah atau cangkok ginjal.

Apa kelebihan dan kekurangan cuci darah atau cangkok ginjal. Betulkah sebenarnya cangkok ginjal lebih baik daripada cuci darah terus-menerus? Mohon informasi dokter.

F di J

Halaman
1234
Editor: Andy Pribadi
Sumber: KOMPAS
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved