Breaking News:

Tip Sehat

Ini Dia 5 Penyakit Kelamin yang Harus Diwaspadai

Bukan hanya wanita, pria pun harus memerhatikan kesehatan alat kelaminnya agar tak terjangkit penyakit kelamin pria

Editor: Andy Pribadi
Istimewa
Ilustrasi. 

WARTA KOTA, PALMERAH - Organ intim, seperti penis dan vagina harus dijaga dengan baik agar terhindar dari berbagai penyakit.

Namun, tentu tanpa mengesampingkan organ tubuh lain yang juga harus dijaga agar tetap sehat dan berfungsi secara optimal.

Sayangnya, hal tersebut sering dilupakan sehingga menimbulkan bakteri pada alat kelamin, infeksi, hingga penyakit kelamin.

Bukan hanya wanita, pria pun harus memerhatikan kesehatan alat kelaminnya agar tak terjangkit penyakit kelamin pria, seperti memilih pakaian dalam yang tepat yang bisa menyerap keringat, sehingga organ intim tidak lembab dan juga tak lupa untuk membersihkan penis setelah buang air kecil.

Karena itu, menjaga kesehatan alat kelamin sangatlah penting agar tidak terjangkit penyakit penis, seperti berikut:

1. Kulit kering
Selain dapat membuat tak nyaman, kulit kering pada penis yang pecah-pecah dapat menimbulkan rasa nyeri. Kondisi tersebut terjadi biasanya dikarenakan oleh penis yang tak bersih, celana dalam yang juga tak bersih, serta pemilihan sabun mandi yang tidak dapat.

2. Penis bengkok
Normalnya, penis akan lurus saat ereksi. Tapi, penderita penis bengkok justru akan melengkung ke bawah, kiri, kanan atau bahkan menjadi lebih pendek, sehingga membuat penderita sulit mengalami ereksi.

3. Kutil kelamin
Kutil kelamin atau kondiloma akuminata biasanya tumbuh di permukaan tubuh yang hangat dan lembab. Untuk pria, kutil biasanya muncul di ujung atau batang penis.

Kutil kelamin termasuk infeksi menular seksual (IMS) dan disebabkan Human papillomavirus. Dalam kondisi yang lebih buruk, kutil kelamin bisa berkembang menjadi kanker penis.

4. Herpes
Jenis penyakit ini menimbulkan bintil-bintil berisi cairan jernih atau nanah yang berkembang di atas kulit yang memerah.

Penyakit ini, ditularkan melalui hubungan badan yang disebabkan oleh virus. Penderita biasanya akan mengalami lemas, demam dan tidak nafsu makan.

5. HIV/AIDS
Penyebab HIV/AIDS disebabkan oleh transfusi darah, berhubungan intim tanpa pengaman serta gonta-ganti pasangan.

Penyakit ini dapat melumpuhkan seluruh sistem kekebalan tubuh, sehingga mudah terserang penyakit.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved