Tips Kesehatan

Terlalu Banyak Minum Teh Bisa Berakibat Fatal Lho

Buka puasa pakai es teh manis atau yang hangat pasti akan melegakan. Boleh saja kok tapi mending dibatasi ya

Terlalu Banyak Minum Teh Bisa Berakibat Fatal Lho
istimewa
Ilustrasi minuman teh 

WARTA KOTA, PALMERAH - Bagaimana bisa minuman nan lezat tersebut ternyata berbahaya bagi kesehatan kita?

Yups, karena teh hitam mengandung oksalat yang dalam jumlah besar dapat terkonsentrasi di dalam urin dan menyebabkan pembentukan batu ginjal.

Kandungan oksalat di dalam teh cukup tinggi, belum lagi jika ditambah dengan konsumsi sayuran hijau seperti bayam yang juga tinggi oksalat maka dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal oksalat meningkat.

Dalam sebuah penelitian, dikatakan bahwa sumber oksalat utama pada pasien-pasien dengan batu ginjal adalah kopi dan teh hitam yang diminum secara rutin setiap hari.

Dilansir klikdokter.com teh hitam berbeda dengan teh hijau yang telah diteliti ternyata mengurangi risiko pembentukan batu ginjal kalsium karena mengurangi pengeluaran dan penumpukan kalsium.

Kalsium juga merupakan salah satu substansi yang dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal. Teh hijau juga mengurangi pengeluaran dan penumpukan oksalat di dalam urin.

Antioksidan di dalam teh hijau juga dianggap salah satu faktor yang mencegah pembentukan batu ginjal. Untuk mengatasi penumpukan oksalat di dalam urin dan pembentukan batu oksalat di ginjal, ada beberapa hal yang dapat dilakukan.

Untuk mengatasi penumpukan oksalat di dalam urin dan pembentukan batu oksalat di ginjal, ada beberapa hal yang dapat dilakukan:

1. Konsumsi cairan yang cukup, minimal 2 liter per hari dapat meningkatkan jumlah cairan urin yang melewati ginjal sehingga tidak terjadi penumpukan substansi tertentu.

2. Konsumsi kalsium yang cukup, paling tidak 1.200 mg per hari dari makanan maupun dari suplemen dapat membantu mengikat oksalat dan mencegah pembentukan batu. Sumber kalsium yang baik adalah susu dan produk susu.

Jadi, kalau Anda masih tetap ingin mengonsumsi teh setiap hari, konsumsilah teh susu!

Tentu saja, konsumsi berbagai makanan dan minuman harus selalu dalam batas wajar dan bervariasi agar tercipta keseimbangan nutrisi dalam tubuh kita

Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved