resensi buku

Bangkit dari Tsunami Sosial

Pemulihan Aceh pasca tsunami sepuluh tahun lalu tak sebatas pada rekonstruksi fisik.

Bangkit dari Tsunami Sosial
KOMPAS/AGUS SUSANTO
Cover buku Di Balik Kisah Gemerlap: Pergulatan Gerakan Sosial di Aceh Sesudah Tsunami. 

WARTA KOTA, PALMERAH - Pemulihan Aceh pasca tsunami sepuluh tahun lalu tak sebatas pada rekonstruksi fisik. Transformasi juga terjadi secara sosial yang berfokus pada pembangunan kembali komunitas dan masyarakat sipil Aceh. Program Development and Peace (DnP) menjadi salah satu sinergi yang berperan mempercepat proses itu.

Keterlibatan elemen organisasi, seperti Aliansi Jurnalis Independen Indonesia (AJI) Banda Aceh, KontraS Aceh, Koalisi Perempuan Indonesia (KPI) Aceh, dan Perkumpulan Prodeelat sebagai mitra, membentuk kembali aspek sosial pasca masa transisi tanggap bencana.

Di ranah pers, pendirian Media Center Aceh (MCA) menjadi langkah krusial untuk memulihkan kerja jurnalistik Aceh. Bencana di pengujung tahun 2004 itu mengempas kantor- kantor media massa hingga menyisakan puing. Nyaris semua peralatan jurnalistik rusak dan 11 stasiun radio hancur.

Tujuh hari setelah tsunami, hanya surat kabar Serambi Indonesia (yang kehilangan setengah pekerjanya) yang kembali terbit dengan mencetak 10.000 kopi dan dibagikan gratis ke tenda-tenda pengungsian. Kala itu MCA dari AJI hadir dan menjadi pusat kerja para peliput bencana tsunami selama tahun 2005-2006.

Kegiatan pemulihan dan pengembangan sosial juga digerakkan KPI Aceh. Saat masa tanggap darurat, KPI membentuk tim sukarelawan yang disebar ke beberapa kabupaten. Mereka tinggal di barak-barak pengungsian dan rumah-rumah warga selama lebih dari tiga bulan, dan menyelenggarakan pelatihan-pelatihan keterampilan, serta pemulihan trauma yang sasaran utamanya adalah perempuan dan anak-anak. (PTU/Litbang Kompas)

DATA BUKU:

♦ Judul: Di Balik Kisah Gemerlap: Pergulatan Gerakan Sosial di Aceh Sesudah Tsunami
♦ Penulis: Abu Mufakhir dan Hanny Wijayau Penerbit: INSISTPress dan Development and Peace, 2014
♦ Tebal: xvi + 222 halaman
♦ SBN: 9-786028-384919

Editor: Andy Pribadi
Sumber: KOMPAS
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved