Breaking News:

Kebun Binatang Jual Hewan Langka

Sejumlah Kebun Binatang di Indonesia, termasuk KB Ragunan, Jakarta, ternyata punya hubungan khusus dengan Pasar Hewan Langka Pramuka.

Kebun Binatang Jual Hewan Langka
Wartakotalive.com
Burung Hantu

WARTA KOTA, PALMERAH-- Sejumlah Kebun Binatang (KB) di Indonesia, termasuk KB Ragunan, Jakarta, ternyata punya hubungan khusus dengan Pasar Hewan Langka Pramuka, Jakarta Timur. Sudah bertahun-tahun sejumlah KB menjalin hubungan jual-beli dengan beberapa pedagang di pasar ini.

Dalam praktik jual-beli satwa langka yang dilindungi, KB diduga sudah sejak lama menjadi salah satu pintu keluar hewan langka ke tangan kolektor. Jadi, tak semuanya diambil dari alam.

Hewan langka yang didapat dari KB oleh penjual biasanya yang masih anakan atau anak dari hewan langka yang ada di KB tersebut.

Beberapa KB yang biasa menjadi pemasok hewan langka, sebagian berada di Pulau Jawa, serta beberapa KB di Sumatera. Hubungan romantis KB dengan Pasar Pramuka yang khusus menjual hewan, termasuk diantaranya hewan langka yang dilindungi ini sudah berlangsung hampir separuh umur HMN (50), salah satu pedagang hewan langka di Pasar Pramuka. Lelaki gendut itu tengah duduk di kursi reyot, Sabtu (26/10) saat menerima kedatangan Warta Kota.

HMN sebenarnya tak punya kios khusus di Pasar Pramuka. Meski demikian, ia menjadi orang penting dalam praktik jual-beli hewan langka. Setiap transaksi hewan langka, kerap melibatkan orang ini.

Bahkan HMN mengatakan dia tengah menjual seekor Macan Bengal India yang harganya Rp 190 juta. Pemilik macan itu seorang petinggi TNI. "Jangan disebut lah namanya. Pokoknya barangnya ada di Jakarta," kata HMN kepada Warta Kota.

Dalam kotak buah

HMN yang sudah lebih dari 20 tahun jadi penjual hewan langka mengakui, sekarang sulit membawa hewan langka keluar dari pelabuhan. Apalagi menyeberang dari Pelabuhan Gilimanuk ke Ketapang. Begitupula di Merak-Bakauheuni.

Karena itu, lebih baik hewan langka dipelihara di Jakarta saja. "Kalau hewan langka dari Sumatera, tak bakal bisa lewat Merak-Bakauheuni. Tapi masuk lewat Pelabuhan Sunda Kelapa. Pakai kapal pengangkut barang," kata HMN.

Jadi hewan dibungkus dalam kotak-kotak buah saat dibawa. Sedangkan untuk menyebrang dari Bali ke Pulau Jawa atau sebaliknya, pengiriman harus pakai Speedboat.

Halaman
12
Editor: Suprapto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved