Salmon Turunkan Risiko Autisme pada Janin

Asam lemak omega-3 yang biasanya ditemukan dalam ikan salmon juga membuat ibu hamil berisiko memiliki anak dengan autisme ditekan menjadi hingga 53 persen.

Jakarta, Wartakotalive.com

Wanita hamil harus lebih sering mengonsumsi lemak sehat untuk menurunkan risiko autisme pada bayi, demikian menurut penelitian baru.

Para peneliti menjelaskan, wanita yang makan asam linoleat dalam jumlah tinggi memiliki risiko kecil memiliki bayi dengan autisme. Asam linoleat adalah asam lemak omega-6 yang ditemukan dalam minyak sayur, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Asam lemak omega-3 yang biasanya ditemukan dalam ikan salmon juga membuat ibu hamil berisiko memiliki anak dengan autisme ditekan menjadi hingga 53 persen.

“Penelitian kami menunjukkan bahwa asam lemak omega-6 harus dikonsumsi dalam jumlah yang tinggi oleh wanita hamil, serta asupan omega-3 pun harus seimbang,” tulis para peneliti dari Harvard School of Public Health.

Meskipun demikian, para peneliti menegaskan bahwa penelitian ini hanya membuktikan hubungan antara konsumsi lemak sehat dengan risiko memiliki bayi dengan autisme dan bukan hubungan sebab akibat.

Asupan tingkat tinggi omega-6 dilanjutkan, tetapi kebutuhan omega-3 pun tetap harus tercukupi. Karena tingkat tinggi omega-3 tidak memberikan manfaat tambahan,” tambah peneliti, seperti dikutip LiveScience.

Sayangnya, para peneliti tidak menemukan mengapa omega-3 dan omega-6 mempengaruhi risiko autisme. Para peneliti juga menyatakan analisis lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui tentang hal itu. Hasil penelitian tersebut kemudian dipublikasikan dalam American Journal of Epidemiology.

Sudahkah tercukupi asupan asam lemak omega-3 Anda hari ini?

Editor: z--
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved