Teknologi

Cegah Pencurian Data dalam Jaringan, Eset Hadirkan GreyCortex Mendel untuk Deteksi Ancaman

Teknologi NTA pada GreyCortex Mendel mampu menganalisis dan mendeteksi ancaman keamanan dalam suatu jaringan dengan cepat.

Cegah Pencurian Data dalam Jaringan, Eset Hadirkan GreyCortex Mendel untuk Deteksi Ancaman
Wartakotalive.com/Mochammad Dipa
IT Security Consultant PT Prosperita-ESET Indonesia Yudhi Kukuh (kemeja kotak-kotak) menejalskan kepada sejumlah media tentang teknologi NTA (Network Traffic Analysis) pada GreyCortex Mendel di Hariss Cafe, Fx Sudirman Jakarta, Rabu (15/5/2019). 

Network Traffic Analysis (NTA) merupakan solusi keamanan yang menggunakan komunikasi jaringan sebagai sumber data dasar untuk mendeteksi dan menyelidiki ancaman keamanan dan perilaku aneh atau jahat dalam jaringan tersebut.

KEAMANAN jaringan adalah salah satu aspek yang paling penting untuk mendapat perhatian ketika bekerja melalui internet, LAN atau metode lain.

Ini terutama bagi perusahaan besar yang memiliki aktivitas internet yang luar biasa dan kepentingan bisnis yang menyangkut banyak sektor.

Maka dari itu, sistem keamanan jaringan yang stabil dan efisien sangat penting untuk melindungi data serta mengurangi resiko menjadi korban pencurian data dan sabotase.

Dikepung Teknologi Digital, Perbankan Tidak Berminat Buka Kantor Cabang

Ini Pembiayaan Renovasi Rumah dan Fashion, Layanan Terbaru dari Home Credit Indonesia

Guna mencegah pencurian data dalam jaringan, Eset -melalui distributor eksklusifnya di Indonesia, PT Prosperita- menghadirkan teknologi NTA (Network Traffic Analysis) bernama GreyCortex Mendel.

NTA merupakan solusi keamanan yang menggunakan komunikasi jaringan sebagai sumber data dasar untuk mendeteksi dan menyelidiki ancaman keamanan dan perilaku aneh atau jahat dalam jaringan tersebut.

IT Security Consultant PT Prosperita-ESET Indonesia, Yudhi Kukuh, mengatakan, teknologi NTA pada GreyCortex Mendel ini mampu menganalisis dan mendeteksi ancaman keamanan dalam suatu jaringan dengan cepat.

Teknik Mirroring

Adapun sistem kerja teknologi NTA pada GreyCortex Mendel ini menggunakan teknik mirroring yang memonitor aktivitas lalu lintas data (traffic data) secara real time, dan memberikan laporan jika terdapat data yang mencurigakan.

“Traffic data itu bisa dilihat dari browser, email, ataupun data yang tersimpan di komputer. Siapa tahu di komputer saya ada malware, misalnya yang dapat berpengaruh ke jaringan satu kantor," jelas Yudhi.

"Dalam sistem ini yang kita lihat traffic-nya, bisa dari traffic email, traffic chatting, ada gejala berbahaya atau nggak,”  imbuh Yudhi kepada sejumlah media termasuk Wartakotalive.com di Hariss Cafe, Fx Sudirman Jakarta, Rabu (15/5/2019).

Teknologi NTA merupakan analisis keamanan data canggih yang tidak membutuhkan instalasi ke setiap komputer, hanya dengan terhubung ke jaringan melalui switch inti dan port monitor atau mirroring, perangkat akan bekerja memonitor seluruh jaringan tanpa terkecuali.

Mengenai teknologi analisis lalu lintas jaringan, Yudhi Kukuh mengatakan analisis lalu lintas jaringan adalah teknologi canggih yang dibangun menggunakan kombinasi kecerdasan buatan (AI), machine learning dan analis data canggih.

Halaman
12
Penulis: Mochammad Dipa
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved