Mudik Lebaran

Di Tol Trans Jawa, Jasa Marga Siapkan Puluhan Titik 'Top Up' bagi Pemudik, Simak Daftar Tarif Ini 

Persiapan untuk mudik Lebaran terus dipersiapkan PT Jasa Marga. Salah satunya adalah pengadaan titik-titik top-up untuk kartu elektronik di jalur tol.

Di Tol Trans Jawa, Jasa Marga Siapkan Puluhan Titik 'Top Up' bagi Pemudik, Simak Daftar Tarif Ini 
Istimewa
Penggunaan e-toll card atau kartu elektronik untuk membayar tol 

"Ada 75 titik top up di Gerbang Tol dan kami tambah dengan 33 layanan gerak di tempat-tempat rest area..."

PENGGUNA tol di musim mudik Lebaran tahun ini diprediksi bakal meningkat dibanding tahun lalu. Maka, pemerintah dan PT Jasa Marga (Persero) Tbk pun benar-benar memastikan kesiapannya.

Hal-hal yang menjadi perhatian, mulai dengan pemindahan transaksi tol di Cikarang Utama ke Cikampek Utama, hingga penambahan titik pengisian saldo untuk kartu elektronik.

Memang belum dipaparkan titik-titik lokasi pengisian saldo e-toll tersebut, tetapi menurut Corporate Communications Department Head PT Jasa Marga Irra Susiyanti, akan ada puluhan titik pengisian saldo yang tersebar di sepanjang Tol Trans Jawa.

Tol Trans Jawa jadi Favorit Pemudik, Siapkan Saldo E-Toll dan Catat Daftar Tarif Tol Berikut Ini

Ini 8 Tip Mudik via Jalan Tol, mulai Pastikan Kendaraan Fit hingga Cek Kartu Tol Elektronik dan BBM

"Ada 75 titik top up di Gerbang Tol dan kami tambah dengan 33 layanan gerak di tempat-tempat rest area. Untuk detailnya nanti akan ada infografis," kata Irra saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (14/5/2019).

Meski ada fasilitas pengisian saldo atau top up di sepanjang gerbang dan rest area, namun Irra menyarankan pemudik agar mengisi lebih dulu saldo uang elektroniknya sebelum melakukan perjalanan.

Pengisian bisa dilakukan dengan menyesuaikan tarif dengan lokasi tujuan.

Penggunaan e-toll card atau kartu elektronik untuk membayar tol
Penggunaan e-toll card atau kartu elektronik untuk membayar tol (via Gridoto.com)

Gunakan satu kartu

Selain itu, meski saat ini kartu elektronik sudah ada beragam, Irra menjelaskan agar pemudik untuk tetap menggunakan satu kartu saat bertransaksi.

Hal ini lantaran sistem pembayaran di tol akan menggunakan metode pembayaran tertutup.

"Transaksi di tol akan menggunakan sistem pembayaran tertutup menggunakan satu uang elektronik yang sama. Artinya saat tapping di gerbang masuk dan melakukan pembayaran di gerbang keluar harus menggunakan kartu yang sama," ucap Irra. 

Gerbang tol Salatiga di ujung ruas tol Bawen-Salatiga dengan pemandangan awan menutupi Gunung Merbabu di Jawa Tengah, Senin (5/6/2017).
Gerbang tol Salatiga di ujung ruas tol Bawen-Salatiga dengan pemandangan awan menutupi Gunung Merbabu di Jawa Tengah, Senin (5/6/2017). (KOMPAS.com/SYAHRUL MUNIR)

Bayar penuh

Halaman
123
Penulis: Fred Mahatma TIS
Editor: Fred Mahatma TIS
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved