Mudik Lebaran

Tol Trans Jawa jadi Favorit Pemudik, Siapkan Saldo E-Toll dan Catat Daftar Tarif Tol Berikut Ini

TOL Trans Jawa bakal jadi salah satu rute favorit yang akan digunakan para pemudik pulang ke kampung halaman mereka pada masa Lebaran tahun ini.

Tol Trans Jawa jadi Favorit Pemudik, Siapkan Saldo E-Toll dan Catat Daftar Tarif Tol Berikut Ini
KOMPAS.com/SYAHRUL MUNIR
Gerbang Tol Salatiga di ujung ruas Tol Bawen-Salatiga yang merupakan bagian dari Tol Trans Jawa, dengan pemandangan awan menutupi Gunung Merbabu di Jawa Tengah, Senin (5/6/2017). 

Ada dua sumber kenapa rest area kerap penuh dan menimbulkan kepadatan saat arus mudik Lebaran, yakni karena antrean toilet serta banyaknya orang yang tidak menyiapkan saldo uang elektronik-nya.

TOL Trans Jawa bakal jadi salah satu rute favorit yang akan digunakan para pemudik pulang ke kampung halaman mereka pada masa Mudik Lebaran tahun ini.

Alhasil, pemerintah pun menyiapkan sejumlah langkah strategis agar perjalanan mudik masyarakat berjalan aman dan nyaman.

Pertama adalah kebijakan satu arah mulai dari Cikarang Utama sampai Brebes Barat yang akan diterapkan selama empat hari mulai 30 Mei mendatang.

Setelah itu ada juga kebijakan ganjil-genap di Pelabuhan Merah sebagai upaya mencegah kepadatan volume kendaraan pribadi.

Ini 8 Tip Mudik via Jalan Tol, mulai Pastikan Kendaraan Fit hingga Cek Kartu Tol Elektronik dan BBM

4 Tip Aman Berkendara saat Berpuasa, Maksimalkan Beragam Fitur Hiburan di Dalam Mobil

FOTO udara simpang susun bandar di Tol Surabaya-Mojokerto di Jawa Timur, Selasa (5/6/2018). Tol Surabaya-Mojokerto termasuk dalam jaringan Tol Trans Jawa dan sudah dapat dilintasi para pemudik.
FOTO udara simpang susun bandar di Tol Surabaya-Mojokerto di Jawa Timur, Selasa (5/6/2018). Tol Surabaya-Mojokerto termasuk dalam jaringan Tol Trans Jawa dan sudah dapat dilintasi para pemudik. (Kompas.com/Garry Andrew Lotulung)

Sementara itu, agar tidak ada penumpukan selama di jalan tol, terutama di tempat-tempat perisitirahatan, menurut Kasub Bidang Operasional dan Pemeliharaan II Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Joko Santoso, pemerintah akan melakukan pengaturan serta menambah fasilitas.

Joko mengatakan ada dua sumber kenapa rest area kerap penuh dan menimbulkan kepadatan saat Lebaran, yakni karena antrean toilet serta banyaknya orang yang tidak menyiapkan saldo uang elektronik-nya (e-money, e-toll, atau lainnya).

"Pelajaran kami dari tahun sebelumnya, ternyata banyak orang mampir ke rest area untuk mengisi saldo e-Toll, untuk toilet terutama wanita itu sering menyebabkan antrean panjang, karena itu kami akan menambah jumlahnya," kata Joko, belum lama ini.

"Untuk uang elektronik ada baiknya disiapkan sedari dini untuk mencegah ha-hal yang tidak diinginkan," imbuhnya.

Tip Beli Mobil Bekas buat Mudik Lebaran: Lihat Interior, Jangan Percaya Odometer, Lalu Lakukan Ini

Kirim Sepeda Motor dengan Kereta Api untuk Lebaran di Kampung Halaman, Ini Perkiraan Tarifnya

RUAS jalan Tol Salatiga-Kartasura, bagian dari Tol Trans Jawa, Jumat (14/12/2018).
RUAS jalan Tol Salatiga-Kartasura, bagian dari Tol Trans Jawa, Jumat (14/12/2018). (Kompas.com/Nazar Nurdin)

Merak-Probolinggo bayar penuh

Nah, seperti diketahui Tol Trans Jawa sendiri sudah resmi beroperasi secara komersial, artinya dari Merak hingga Probolinggo sudah berbayar penuh.

Halaman
123
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved