Transportasi Jakarta

Anies Bakal Satukan MRT, Transjakarta dan KCI dalam Satu Holding BUMD

Anies Baswedan Bakal Satukan MRT, Transjakarta dan KCI dalam Satu Holding BUMD

Anies Bakal Satukan MRT, Transjakarta dan KCI dalam Satu Holding BUMD
Instagram @aniesbaswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengecek kesiapan Halte Transjakarta Bundaran HI yang akan berintegrasi dengan Stasiun MRT, Senin (4/3/2019) 

Anies Baswedan Bakal Satukan MRT, Transjakarta dan KCI dalam Satu Holding BUMD. Untuk mewujudkan itu dibutuhkan investasi sekitar Rp 1.341 triliun.

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengungkapkan, Pemprov DKI Jakarta serius dalam menata sistem transportasi di Ibu Kota.

Dalam pengembangan sistem transportasi ke depan, Anies bilang akan terintegrasi dengan tata ruang.

Hal tersebut disampaikan Anies usai mendampingi Presiden Joko Widodo menjajal MRT dari Stasiun Bundaran Hotel Indonesia ke Lebak Bulus, Selasa (19/3/2019) siang.

Mulai perencanaan hingga pengelolaan transportasi di Jabodetabek disambungkan dengan tata ruang.

Gisella Menghabiskan Waktu Bersama Wijaya Saputra dan Gading, Sudah Akur Nih Bertiga?

Karyawati Bank Mandiri Korban Perampokan Taksi Online, Wajahnya Disayat Huruf Z

Ustaz Abdul Somad Ditawari Jet Pribadi Agar Bisa Makamkan Ibunya; Kapolri dan Prabowo Kirim Bunga

"Tadi Bapak Presiden menyatakan DKI punya fiskalnya untuk melakukan itu. Karena itulah beliau menugaskan kepada DKI untuk melakukan perencanaan bagi pembangunan semua insfrastruktur transportasi sekaligus pengelolaaanya. Pembangunannya sendiri akan dilakukan 10 tahun ke depan," ujar Anies.

Anies menjelaskan, untuk mewujudkan itu di Jakarta, dibutuhkan investasi sekitar Rp 571 triliun di sektor publik dan Rp 770 triliun untuk pembangunan Transit Oriented Development (TOD) dan lain-lain.

Terkait rencana itu, Anies mengatakan, akan menggabungkan tiga perusahaan transportasi yang kini ada yakni MRT, TransJakarta dan Kereta Commuter Indonesia ke dalam sebuah holding BUMD DKI Jakarta.

"Jakarta memang jadi prioritas dan pembangunan-pembangunan nanti akan dilakukan lewat BUMD supaya tidak terbatas oleh wilayah," kata Anies.

Terkait penggabungan tiga perusahaan ke dalam satu holding, itu juga sekaligus agar pengaturan subsidi transportasi bagi masyarakat bisa menyatu dalam satu sistem yang terintegrasi, subsudi untuk semua moda.

"Kalau sekarang kan masih subsidi sendiri-sendiri," kata Gubernur Anies.

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved