Pilpres 2019

Pakar Gestur Ungkap Perbedaan Narasi Prabowo 'Jika Kami Berkuasa' dengan Jokowi 'Memimpin'

Monica Kumalasari selaku Pakar Gestur dan Mikro Ekspresi menjelaskan mengenai gestur tubuh, ekspresi dan narasi yang diucapkan oleh Jokowi dan Prabowo

Pakar Gestur Ungkap Perbedaan Narasi Prabowo 'Jika Kami Berkuasa' dengan Jokowi 'Memimpin'
Istimewa
Pakar Gestur dan Mikro Ekspresi, Monica Kumalasari mengungkapkan gestur tubuh, ekspresi berikut narasi yang terlihat di Calon Presiden nomor urut 01, Joko Widodo alias Jokowi dan Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto. (INews TV Youtube) 

Pakar Gestur dan Mikro Ekspresi, Monica Kumalasari mengungkapkan gestur tubuh, ekspresi berikut narasi yang terlihat dari Calon Presiden nomor urut 01, Joko Widodo alias Jokowi dan Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto, di Debat Kedua Pilpres 2019.

MONICA Kumalasari, selaku Pakar Gestur dan Mikro Ekspresi menjelaskan mengenai gestur tubuh, ekspresi serta narasi yang diucapkan oleh Jokowi dan Prabowo di Debat Kedua Pilpres 2019, Minggu (17/2/2019).

Monica Kumalasari pun menjelaskan, jika pada Debat Kedua Pilpres 2019 malam kemarin, kedua calon presiden, yakni Jokowi dan Prabowo lebih banyak memperlihatkan gestur makro

"Secara umum masyarakat menantikan karena secara makro gestur tidak terlalu terihat seperti di debat yang lalu. Tetapi secara mikro gestur banyak yang terlihat (Jokowi dan Prabowo)," kata Monica Kumalasari di program INews Siang, Senin (18/2/2019).

Pertama, jadi kalau kita berbicara mengenai gestur kita bisa melihat facial ekspresi wajah), kita bisa melihat body leanguage (bahasa tubuh), kita juga bisa melihat verbal yang digunakan.

Tanggapan TKN, Politisi, dan KPU Soal Jokowi Dituding Pakai Earpice Saat Debat Kedua Pilpres 2019

Disinggung Punya Lahan Ratusan Ribu Hektar, Intip 6 Perusahaan Bisnis Prabowo di Aceh dan Kaltim

Ini 5 Langkah yang Harus Anda Lakukan Agar Bisa Tidur Nyenyak

Pertama, gestur yang ingin dijelaskan Monica Kumalasari yakni gestur Prabowo berikut dengan narasi verbal yang diucapkan Prabowo di Debat Kedua Pipres 2019. yakni 'Jika Kami Berkuasa'.

Menurut Monica Kumalasari, 'Jika Kami Berkuasa' dengan 'Jika Kami Memimpin' itu sangat jauh berbeda artinya.

"Sekarang saya akan bahas dulu ketika ada di sesi satu, kalau kita lihata lagi ditranskripnya jam 20.09, beliau (Prabowo) mengatakan 'Jika Kami Berkuasa'. Beda berkuasa dengan memimpin, beda," terangnya

"Kalimat verbal yang dikatakan (Prabowo) 'Kami Berkuasa'. Artinya adalah kalau kita lihat lagi ke background dari pak Prabowo ini kan mungkin militer. Ya. Sehingga apakah kalimat atau kata 'berkuasa' tadi' in-line gak dengan bahasa tubuhnya," lanjutnya.

"Nah dari bahasa tubuh Pak Prabowo itu terlebih banyak melakukan seperti ini (Sambil mencontohkan gerakkan Prabowo menggerakkan tangan). Gerakan tangan ya kan? Ini komen atau kita sebut sebagai button, jika di dalam istilah bodu leanguage begitu, atau seperti ini (Sambil menggerakkan tangan meniru Prabowo)," Jadi 'Berkuasa' dengan komen, ya nyambung ya," paparnya.

Ini Survei Terbaru Elektabilitas Jokowi dan Prabowo Pasca Debat Kedua Pilpres 2019

Lokasi Ledakan Debat Kedua Pilpres 2019 di Senayan Tak Digaris Polisi, Begini Penampakannya

Ini Penyakit Paling Mengerikan Jika Anak Anda Rutin Konsumsi Minuman Berenergi

Halaman
12
Penulis: Panji Baskhara
Editor: Panji Baskhara
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved