Transportasi

Budi Karya Sumadi: Trans Jawa Mampu Pangkas Waktu Tempuh Logistik

Jalan Tol Trans Jawa yang menghubungan Jakarta hingga Surabaya dinilai mampu memangkas waktu tempuh logistik.

Budi Karya Sumadi: Trans Jawa Mampu Pangkas Waktu Tempuh Logistik
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (tengah). 

WARTA KOTA, KELAPA GADING --- Jalan Tol Trans Jawa yang menghubungan Jakarta hingga Surabaya dinilai mampu memangkas waktu tempuh logistik.

Hal itu diungkapkan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bahwa ada Tol Trans Jawa membuat banyak mobil pribadi  berpindah ke jalan tol.

Kondisi itu, kata Budi Karya Sumadi, akan memperlancar jalan arteri yang selama ini banyak dilintasi truk logistik di jalur Pulau Jawa.

Jokowi Rapat dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Bahas soal Tarif Tol Trans Jawa

“Separuh waktu tempuh jalan biasa itu diharapkan bisa membawa angin segar bagi dunia logistik,” ujar Budi Karya Sumadi saat menghadiri Rakernas Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) di Hotel Santika, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (14/2/2019).

Menteri Perhubungan menambahkan, penggunaan jalan tol adalah pilihan, jika dinilai tidak ekonomis maka bisa menggunakan jalan arteri.

Dia berharap, tidak ada lagi yang berbicara keberadaan Jalan Tol Trans Jawa tidak laku.

“Ada pilihan lain yang bisa dilakukan menggunakan jalan arteri biasa yang dibiayai oleh pemerintah dan gratis itu," katanya.

Ditugaskan Pemerintah, Asosiasi Jalan Tol Indonesia Akan Evaluasi Tarif Tol Trans Jawa

Ketua Umum Aptrindo, Gemilang Tarigan mengapresiasi keberadaan jalan tol yang merupakan salah satu fokus pemerintah menggenjot ekonomi dan membuka lapangan pekerjaan.

“Ini tentunya harus diapresiasi, keberadaan jalan tol akan menggenjot ekonomi dan membuka lapangan pekerjaan di sektor transportasi serta barang dan jasa," kata Gemilang Tarigan.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved