Sebanyak 5 Ton Sampah Plastik dan Eceng Gondok di Kali Samping Unisma Kota Bekasi

Kali crossing di Jalan Unisma Kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi, penuh sampah plastik dan eceng gondok sebanyak 5 ton.

Sebanyak 5 Ton Sampah Plastik dan Eceng Gondok di Kali Samping Unisma Kota Bekasi
Warta Kota/Muhamad Azzam
Kali crossing Jalan Unisma Kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi penuh sampah plastik dan eceng gondok. 

WARTA KOTA, BEKASI--- Kali crossing di Jalan Unisma Kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi, penuh sampah plastik dan eceng gondok hingga diprediksi mencapai 5 ton.

"Kami langsung pantau bersama UPTD Lingkungan Hidup dan UPTD Pematusan. Hasilnya sampah plastik dan eceng gondok di perkirakan volumenya mencapai 5 ton," kata Camat Bekasi Timur, Gutus Hermawan, kepada Warta Kota, Kamis (6/12/2018).

Untuk itu, kata Gutus, dalam mengatasi masalah sampah plastik dan eceng gondok dibutuhkan sejumlah alat berat dalam membersihkannya.

"Jadi pembersihannya tidak cukup dengan tenaga manual perlu alat berat, memerlukan berapa truk dan alat berat," ungkap Gutus.

Gutus mengatakan, UPTD Pematusan Kecamatan Bekasi Timur telah melaporkan kondisi saluran air yang penuh dengan sampah plastik dan eceng gondok ke Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMSD) Kota Bekasi untuk bantuan alat berat.

"Sudah dilaporkan ke dinas minta bentuan alat berat. Rencana pembersihkan akan dilakukan hari Minggu nanti. Tim BMSD lakukan pengerukan lumpur dan pengangkutan sampah. Setelah itu tim Lingkungan Hidup kumpulkan dan angkut sampah ke tempat pembuangan sampah," jelasnya.

Gutus mengatakan, kali itu merupakan saluran crossing dari aliran Rawalumbu menuju wilayah Kartini Bekasi Timur.

Sehingga sampah plastik itu bukan hanya berasal dari warga masyarakat diwilayahnya tetapi juga dari wilayah kecamatan lain yaitu Rawalumbu.

"Sampah asalnya dari masyarakat. Itu kan aliran sungai berarti masih ada warga membuang ke sungai. Kami akan komunikasi dengan camat sana agar dapat saling mengingatkan dan menegur warga untuk tidak buang sampah ke kali," katanya.

Kali crossing Jalan Unisma Kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi penuh sampah plastik dan eceng gondok.
Kali crossing Jalan Unisma Kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi penuh sampah plastik dan eceng gondok. (Warta Kota/Muhamad Azzam)

Kali di Jalan Unisma Kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi bau dan penuh sampah, Kamis (6/12/2018).

Pantauan Warta Kota, lokasi kali itu berada di Jalan Unisma samping kampus Universitas Islam 45 (UNISMA).

Saat melintasi jalan cukup terasa aroma bau kali dan tumpukan sampah itu didominasi sampah plastik bekasi jajanan, dan rumah tangga.

Terdapat juga tanaman eceng gondok dan kayu-kayu sehingga aliran air itu tersendat.

Penanaman Eceng Gondok di Kali Tidak Habiskan Anggaran

Penjelasan Kasatpel UPK Badan Air Mengenai Manfaat Penanaman Eceng Gondok di Kali

Ujicoba Penanaman Eceng Gondok Dilakukan di Saluran Phb Bisma

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved